Pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dimoderasi profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan di perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Data diperoleh melalui laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sampel dari 37 perusahaan perbankan dalam rentang tahun 2015-2019, mencakup 185 observasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan uji Analisis Regresi Moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR memiliki dampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas sebagai variabel moderasi dapat memperkuat hubungan tersebut. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman lebih lanjut tentang peran CSR dalam meningkatkan nilai perusahaan, khususnya di sektor perbankan Indonesia. Hasilnya dapat menjadi panduan bagi manajemen perusahaan dalam mengembangkan strategi CSR yang lebih efektif untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan.

References

Ardimas, W., & Wardoyo. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Go Public yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 57–66. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v18i1.1386

Bawafi, M. H., & Prasetyo, A. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 721–730. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jrak.v5i1.4993

Brown, N., & Deegan. (1998). The Public Disclosure of Environmental Perfomance Information - A Dual Test of Media Agenda Setting Theory and Legitimacy Theory. Accounting and Business Research, 29(1), 21–41. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00014788.1998.9729564

Dianawati, C. P., & Fuadati, S. R. (2016). Pengaruh CSR dan GCG terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–20. https://docplayer.info/57379781-Pengaruh-csr-dan-gcg-terhadap-nilai-perusahaan-profitabilitas-sebagai-variabel-intervening.html

Endiana, D. M. (2019). Implementasi Corporate Governance pada Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi, 9(1), 92–100. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/juara/article/view/306/297

Fasya, A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 13(2), 145–162. https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/jipak/article/view/5012

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Infestasi, 12(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/infestasi.v12i1.1797

Ghozali, I. (2016). Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro. IOSR Journal of Economics and Finance.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Universitas Dipenogoro.

Halim, J. P., Lindrawati, & Wardani, R. P. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 6(2), 134–151. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/jako.v6i2.2567

Kartini, & Arianto, T. (2008). Struktur Kepemilikan, Profitabilitas, Pertumbuhan Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 12(1), 11–21. https://media.neliti.com/media/publications/108597-ID-struktur-kepemilikan-profitabilitas-pert.pdf

Kurniasari, J., & Anna, Y. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaann dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 13(2), 149–167. http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/jrap/article/view/248

Lobo, Y. P. A., & Kurnia. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(8), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2210

Branco, & Rodrigues, L. L. (2008). Factors Influencing Social Responsibility Disclosure by Portuguese Companies. Journal of Business Ethics, 83, 685–701. https://link.springer.com/article/10.1007/s10551-007-9658-z

Murnita, P. E. M., & Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1470–1494. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p25

Nurlela, R., & Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi, 1–31. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_370295948773.pdf

Nuswandari, C., Sunarto, S., Jannah, A., & Ikromudin, I. (2019). Corporate Social Responsibility Moderated the Effect of Liquidity and Profitability on the Firm Value. Advances in Economics, Business and Management Research, 86(Icobame 2018), 87–90. https://doi.org/10.2991/icobame-18.2019.19

Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. RISET & JURNAL AKUNTANSI, 4(1), 95–103. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201

Rahayu, F. A., & Mildawati, T. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(11), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1946

Rahmantari, N. L. L., Sitiari, N. W., & Dharmanegara, I. B. A. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Jaadhita, 6(2), 121–129. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jagaditha

Reverte, C. (2009). Determinants of corporate social responsibility disclosure ratings by Spanish listed firms. Journal of Business Ethics, 88(2), 351–366. https://doi.org/10.1007/s10551-008-9968-9

Rosalia, & Wi, P. (2016). Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus Pada Perbankan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia ). Jurnal IlmiaH Akuntansi Dan Teknologi, 8(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31253/aktek.v8i2.113

Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. 5(3), 723–738.

Sari, R. N., & Praptoyo, S. (2019). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(12), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2729

Semenescu, A., & Curmei, C. V. (2015). Using CSR to mitigate information asymmetry in the banking sector. Management and Marketing, 10(4), 316–329. https://doi.org/10.1515/mmcks-2015-0021

Suteja, J., Gunardi, A., & Mirawati, A. (2016). Moderating effect of earnings management on the Relationship Between Corporate Social Responsibility Disclosure and Profitabilitas of Banks In Indonesia. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(4), 1360–1365. https://doi.org/https://search.proquest.com/openview/b4c2a43e6002dde8e950be84b36fb3bc/1?pq-origsite=gscholar&cbl=816338

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 109–117. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2371

Wibowo, S. S. A., & Sabillilah, A. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan. Ekspansi, 8(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/ekspansi.v8i1.109

Wulandari, R., DN, S. W., & Yunanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kebijakan Dividen terhadaap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi Studi pada Industri Perbankan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22(2), 144–157. http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1591/0

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297–2324. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i4.p15
Published
2024-10-01
How to Cite
RAFIDA, Anisa; FITHRIA, Annisa. Pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dimoderasi profitabilitas. Jurnal Cendekia Keuangan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 60-71, oct. 2024. ISSN 2810-0964. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/JCK/article/view/5100>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jck.v3i2.5100.
Section
Articles