ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK), HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI ALINEA KEDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image (citra merek), harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman kopi di Alinea Kediri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2023 sampai dengan bulan Agustus 2023 yang bertempat di Alinea Kediri Jalan Pattimura No.110 Kota Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling, sedangkan jumlah sampel yang digunakan untuk analisis adalah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu brand image (citra merek), harga dan promosi. Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi berganda, ditemukan bahwa variabel brand image (citra merek), harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk minuman kopi di Alinea Kediri. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk manajemen Alinea Kediri untuk terus berupaya meningkatkan brand image (citra merek) yang baik serta promosi, kesesuaian harga dengan daya beli masyarakat dan personal selling di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan karena meningkatkan brand image (citra merek) yang baik serta promosi, kesesuaian harga dengan daya beli masyarakat dan personal selling memiliki pengaruh yang berarti terhadap keputusan pembelian produk minuman kopi di Alinea Kediri.
References
Wiranata, A. 2021. Analisis Brand Image, Cita Rasa, Harga Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kelana Kopi. Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, Tegal.
Vikar, Irianto, & Adi. 2021. "Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Surakarta." Agrista 9 (4): 52-64.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Sujawerni, v. W., & Utami, l. R. (2020). The master book of spss – sujarweni 2020.pdf.
Martanti, 2006. Metode Penelitian, BPFE, Yogyakarta.
Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust , Brand Equity Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. 6(2), 112–121.
Lupiyoadi. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta