Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya di Jurnal lain.
  • Naskah yang diterbitkan dalam Uniska Law Review harus bebas dari plagiarisme. Naskah memiliki persamaan lebih dari 25% (kecuali kutipan dan referensi) akan ditolak.
  • Pengiriman file dalam format Microsoft Word atau RTF.
  • Naskah harus mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan dan Tempale.

Author Guidelines

Ketentuan penulisan naskah dalam Uniska Law Review, sebagai berikut :
  1. Naskah yang dikirim merupakan karya ilmiah original dan tidak mengandungunsur plagiarism.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia minimal sepanjang 20 halaman danmaksimal 30 halaman, kertas berukuran A4, jenis huruf Times New Roman, font12, dan spasi 1,5.
  3. Naskah ditulis dalam istilah yang baku serta bahasa yang baik dan benar.
  4. Naskah dilengkapi dengan judul artikel, nama penulis, lembaga penulis, alamat lembaga penulis, negara penulis serta email penulis.
  5. Judul artikel harus spesifik dan lugas yang dirumuskan dengan maksimal 12 kata (bahasa Indonesia), atau 90 ketuk pada papan kunci yang menggambarkan isi artikel secara komprehensif.
  6. Abstrak ditulis secara gamblang, utuh dan lengkap menggambarkan subtansi isi keseluruhan tulisan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing-masing satu paragraph, maksimal (1) satu halaman dengan (1) satu spasi, jenis huruf Times New Roman, font 11 dan disertai dengan kata kunci.
  7. Kata kunci yang dipilih harus mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait sejumlah 3-5 istilah (horos).
  8. Naskah ditulis dengan sistematika yang terdiri dari judul artikel, nama penulis, lembaga penulis, alamatlembaga penulis, email penulis, abstrak, pendahuluan,rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan.
  9. Setiap referensi (baik yang bersumber dari buku, peraturan perundang-undangan, jurnal, majalah, koran, Media Online dan sumber data lainnya) yang dikutip dalam Uniska Law Review harus menggunakan Citations dan Bibliography otomatis dengan Chicago Manual of Style 17th Edition (Full Note) (Kami menyarankan kepada penulis untuk menggunakan Mendeley)
Bentuk-bentuk penulisan Footnote
Buku
Urutan penulisan catatan kaki terdiri dari nama pengarang tanpa gelar akademik, judul (dan jika ada sub judul) buku dicetak miring, cetakan atau edisi (kota penerbitan (titik   dua), nama penerbit, tahun terbit dan diakhiri dengan halaman letak sumber kutipan.
Contoh:
Sunarji Hartono, Kapita Selekta Perbandingan Hukum, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1988). Hlm. 7
Andrey Sujatmoko, Hukum HAM Dan Hukum Humaniter (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015). Hlm. 65
Abdul Manan, Penerapan Hukum Acara Perdata Di Lingkungan Pradilan Agama (Jakarta: Prenada Media Group, 2005). Hlm. 9 
Buku (Ditulis oleh dua atau tiga pengarang)
Contoh :
Wasman and Wardah Nuroniah, Hukum Perkawinan Islam Di Indonesia, Perbandingan Fikih Dan Hukum Positif (Yogyakarta: Teras, 2011). Hlm.5
Michael J. Trebilcock and Robert Howse, The Regulations of Internasional Trade Second Edition (London: Routledge, 1999). Hlm. 47
Sukaro Aburaera, Muhadar, and Maskun, Filsafat Hukum Teori Dan Praktik (Jakarta: Prenada Media Group, 2013). Hlm. 9 
Majalah
Nama penulis (seperti pada buku), “judul tulisan diantara tanda kutip”, nama majalah (cetak tebal dan miring), nomor, tahun majalah dalam angka Romawi (kalau ada), bulan dan tahun penerbitan, dan nomor halaman yang dikutip.
Contoh :
Oemar Soeno Adji, “Perkembangan Delik Khusus Dalam Masyarakat Yang Mengalami Moderenisasi,” Hukum Dan Pembangunan (Jakarta, 1987). Hlm. 98 
Koran.
Nama penulis (seperti pada buku), “judul tulisan diantara tanda kutip”, nama Koran (cetak tebal dan miring), Tahun dan dilengkapi halaman.
Contoh :
Lim, “Sudah Tiba Waktunya Hukum Integentil Ditinggalkan Sebagai Mata Kuliah,” Kompas, 1979.hlm. 3
Disertasi, Tesis, Skripsi
Nama penulis (seperti pada buku), “judul tulisan diantara tanda kutip”, (nama Universitas), Tahun dan dilengkapi halaman.
Contoh :
Heru Supratmo, “Masalah-masalah Peraturan-Peraturan Cek Serta Bilyet Giro Di Indonesia, Dalam Rangka mengembangkan Sistem Giralisai pembayaran,” (Universitas Airlangga, 1977). Hlm. 34
Santi Rahmawati, “Perbedaan Struktur Modal Perusahaan Multinasional Dan Perusahaan Domestik” (Universitas Indonesia, 2008). Hlm. 3 
Artikel Jurnal Ilmiah
Pengutipan pendapat atau fakta yang berasal dari jurnal, urutan penulisan identitasnya adalah nama pengarang dan “judul tulisan dengan tanda kutip”, (disambung dengan kata-kata: dalam) nama jurnal dicetak miring, volume atau edisi, dan halaman letak sumber kutipan.
Contoh :
Nandang Sutrisno, “Efektifitas Ketentuan-Ketentuan World Trade Organization Tentang Perlakuan Khusus Dan Berbeda Bagi Negara Berkembang: Implementasi Dalam Praktek Dan Dalam Penyelesaian Sengekta,” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum 16, no. Edisi Khusus (2009). Hlm. 34
Syukri Hidayatullah, “Perbandingan Hukum Pengaturan Standardisasi Menurut Agreement TBT Dan Undang-Undang No.7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan,” Arena Hukum 9, no. 2 (2016). Hlm. 3 
Putusan Pengadilan Nasional
Catatan kaki untuk kutipan dari Putusan Pengadilan Tingkat I atau Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali, ditulis dengan cara: menuliskan kata "Putusan" dilanjutkan dengan penyebutan pengadilan pada tingkat mana perkara diajukan, pihak penggugat, diikuti tulisan "v." pihak tergugat yang ditulis dengan cetak miring, dilanjutkan dengan nomor perkara tersebut dilanjutkan dengan nomor halaman yang dirujuk.
Contoh :
Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam Tim Likuidasi PT Astria Raya Bank (dalam likuidasi) v. PT Asmawi Agung Corporation, Nomor 05/Pailit/2000/PN.Niaga/Jkt.Pst, hlm.7
Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tingkat Kasasi dalam PT. Bank IFI v. Fadel Muhammad, Nomor 37 K/N/2001, hlm 19Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tingkat Peninjauan Kembali dalam PT Bermis Sarana Wisma v. Duma Hutapea Kurator dan Pengurus PT Bernas Madu Sari, Nomor 011 PK/N/2003, hlm 13 
Putusan Badan Internasional
Catatan kaki untuk putusan badan internasional, misalnya Resolusi PBB, ditulis dengan cara : mencantumkan kata "Resolusi" dilanjutkan dengan organisasi yang menerbitkan, diikuti oleh nomor resolusi tersebut, lengkap dengan nomor halaman yang dirujuk.
Contoh :
Resolusi PBB No. G.A.Res.832, UNICEF, Sessi 9, Supp. No. 21. hlm 19 
Putusan Pengadilan Asing
Catatan kaki untuk kutipan dari Putusan Pengadilan Asing, ditulis dengan cara: menuliskan para pihak yang berperkara (nama penggugat dilanjutkan dengan huruf "v." Nama tergugat),   dilanjutkan   dengan   penyebutan   pengadilan dan nomor perkara tersebut dilanjutkan dengan nomor halaman yang dirujuk. 
Contoh : 
Edwards Co. v. Long Island Trust Co., 75 Misc. 2d 739; 347 NYS 2d 898 (Sup. Ct. 1973), hlm 21
United States v. MacDonald, 531 F.2d 196,199-200 (4* Cir. 1976) (resting review of the dispositive issue on the principle of judicial economy, rev'd, 435 u.S 850, 1978. B.D. Int'l Discount Corp. v. Chase Manhattan Bank, 701 F.2d. 1071 (2d Cir.1983), hlm 112
Ben Franklin Retail Store Inc. et. al. v. Kendig, 225 B.R 646  (Bankr. NDIII. 1998), hlm 95 
Media Online
Catatan kaki untuk kutipan dari internet ditulis dengan cara: nama pengarang (jika ada), alamat URL (the Uniform Resource Locator) atau alamat yang nampak pada address window internet, judul artikel dicetak dengan tanda kutip, dan tanggal akses.
Contoh : 
http://www.hukumonline.com/ detail.asp?id=13426&cl=Berita, "PKPU Kreditor: Tanpa Adanya Utang, Pemohon Tidak Punya Legal Standing," Akses 19 Agustus 2005
Hikmahanto Juwana, "Pailitnya Prudential, Harga Mahal Panasea IMF," dalam http://64.203.71.il/kompas- cetak/M05/19/opini/1029674.htm, Akses 19 Mei 2004
Wawancara
Catatan kaki untuk hasil wawancara ditulis dengan cara: wawancara dengan nama subjek penelitian atau nara sumber, jabatan, tempat wawancara dan waktu wawancara yang mencakup tanggal, bulan dan tahun yang ditulis dalam kurung.
Contoh :
Interview by Lauren Brook Eisen with Shane Spradlin, CEO, Nextel Communications, Potomac, Md, Mar. 2, 2000
Wawancara dengan Patricia Keane, chief ed., UCLA Law Review, di Los Angeles, California, 2 Maret 2000.