Analisis Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Kur Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit A. Yani Cabang Nganjuk
Abstract
Kualitas pelayanan dan brand image merupakan kunci bagi perbankan untuk tetap eksis di tengah persaingan perbankan yang semakin ketat dalam membentuk loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan brand image terhadap loyalitas nasabah KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit A. Yani Cabang Nganjuk. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah KUR di BRI unit A. Yani pada Bulan Juni 2021. Besar sampel penelitian ini sebesar 94 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Brand Image, sedangkan variabel dependen adalah Loyalitas Nasabah. Instrumen pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai T-hitung 31,050 > T-tabel 2,052. Ada pengaruh kualitas pelayanan dan brand image secara parsial terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai T-hitung 4,210 > T-tabel 2,052. Ada pengaruh kualitas pelayanan dan brand image secara simultan terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai F-hitung 897,576 > F-tabel 2,750. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas nasabah dibandingkan dengan variabel brand image, karena variabel kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan variabel brand image.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0