Analisis Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Kur Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit A. Yani Cabang Nganjuk

  • Agus Sutrisno Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Sriwahyuni Mega Hastuti Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Kualitas pelayanan dan brand image merupakan kunci bagi perbankan untuk tetap eksis di tengah persaingan perbankan yang semakin ketat dalam membentuk loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan brand image terhadap loyalitas nasabah KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit A. Yani Cabang Nganjuk. Penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  yang  menggunakan  rancangan  korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah KUR di BRI unit A. Yani pada Bulan Juni  2021.  Besar  sampel  penelitian  ini  sebesar  94  orang.  Variabel  independen  dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Brand Image, sedangkan variabel dependen adalah Loyalitas Nasabah. Instrumen pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai T-hitung 31,050 > T-tabel 2,052. Ada pengaruh kualitas pelayanan dan brand image secara parsial terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai T-hitung 4,210 > T-tabel 2,052. Ada pengaruh kualitas pelayanan dan brand image secara simultan terhadap loyalitas nasabah KUR di BRI Unit A.Yani Cabang Nganjuk dengan nilai F-hitung 897,576 > F-tabel 2,750. Variabel  kualitas  pelayanan  memiliki  pengaruh  yang  lebih  dominan  terhadap  loyalitas nasabah dibandingkan dengan variabel brand image, karena variabel kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan variabel brand image.

Published
2022-04-28
How to Cite
SUTRISNO, Agus; HASTUTI, Sriwahyuni Mega. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Kur Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit A. Yani Cabang Nganjuk. Otonomi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 221-229, apr. 2022. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2453>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2453.
Section
Articles