Pengembangan Entrepreneurship di Kalangan Pelajar
Abstract
Ada sebuah transformasi dalam mewujudkan lembaga unggul tidak hanya dari dana komite, akan tetapi juga melalui kemandirian ekonomi dan kebersamaan lembaga Ma’arif Sidoarjo. Terlebih lagi siswa SMA/MA/SMK, sebagai usia pra produktif diharapkan jika sudah lulus mempunyai ketrampilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lebih lanjut lagi di era cetak biru MEA, semua bidang diarahkan untuk lebih produktif dan berbasis wirausaha. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi pengembangan entrepreneurship di kalangan pelajar, yang dalam penelitian ini sebagai objek penelitian adalah lembaga Ma’arif Sidoarjo, dan diwakili oleh SMK NU plus Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk memvalidasi keabsahan data, peneliti mempunyai peran terlibat langsung untuk proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling dalam proses pengambilan data. Peneliti mewawancarai guru, wakil kepala sekolah, pengurus koperasi Annahdliyah, penanggung jawab wirausaha sekolah, dan siswa yang terlibat praktek. Penelitian ini menemukan ada feedback pengembangan entrepreneurship yang mampu dirasakan semua lapisan di antaranya; peningkatan mutu sekolah, meningkatkan kesejahteraan guru/pegawai, peningkatan kualitas lulusan dan juga kepercayaan kolega (alfamart, indomaret)
Kata kunci: Pengembangan entrepreneurship, kemandirian ekonomi, lembaga unggul.
References
Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Revisi, Ce). Rineka Cipta.
Atit, K., Power, J. R., Veurink, N., Uttal, D. H., Sorby, S., Panther, G., Msall, C., Fiorella, L., & Carr, M. (2020). Examining the role of spatial skills and mathematics motivation on middle school mathematics achievement. 3.
Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1128
Devi Gita Maharani, Agus Syam, Inanna, Tuti Supatminingsih, & Muhammad Hasan. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Mental Berwirausaha terhadap Motivasi Berwirausaha pada Pelaku Usaha Aroepala Food City di Kota Makassar. INSIGHT : Indonesian Journal of Social Studies and Humanities, 2(1), 55–70.
Jabir, M. A., & Karrar, A. E. (2017). The Impact of Using Information Systems in E-Management of Higher Education Organizations. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(1), 874–876. https://doi.org/10.21275/art20164249
Paola Spagnoli, S. S. (2016). No Title.
Prof. Dr. Husaini Usman, M. P. . (2010). Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa (K. B. P. dan Pengembangan & K. pusat Kurikulum (Eds.); 1st ed.). Badan Penelitian & Pengembangan Kemendiknas.
Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi, Ce). PT Remaja Rosdakarya.
Saeid, A. mohammad. (2018). Management information systems. Business Policy and Strategy: The Art of Competition, 8(10), 187–195. https://doi.org/10.1080/00221546.1978.11780376
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.