Model Pendidikan Kewirausahaan yang Ideal untuk Menumbuhkan Entreprenuer Muda
Abstract
Pertumbuhan wirausaha baru dalam memperkuat ekonomi berbasis inovasi dan teknologi sangat diperlukan. Sinergi dunia pendidikan dengan pengembangan wirausaha menjadi hal penting. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa merupakan alternatif jalan keluar untuk mengurangi tingkat pengangguran. Pendidikan kewirausahaan diberikan dengan harapan memotivasi dan menjadi bekal ilmu untuk berwirausaha. Namun pada kenyataannya, pendidikan kewirausahaan tidak secara langsung membuat lulusan untuk berani membuka usaha. Pemikiran lulus mencari kerja masih banyak ditemui, sehingga tingkat pengangguran terdidik meningkat. Politeknik harus memahami realitas saat ini dengan menciptakan wirausaha muda yang inovatif, kreatif dan terdidik. Pendidikan kewirausahaan harus dapat menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa. Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa diperlukan pembelajaran berbasis aktivitas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan gambaran pendidikan kewirausahaan di vokasi kemaritiman melalui kurikulum yang dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi pembelajaran serta membuat model pendidikan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan seharusnya menumbuhkan perilaku sesuai dengan karakter wirausaha. Model pendidikan kewirausahaan yang tepat akan mampu menumbuhkan motivasi untuk berwirausaha, membangun sikap mental wirausaha, meningkatkan keterampilan berwirausaha, serta menumbuhkan wirausaha baru yang berlatar belakang pendidikan tinggi.
Kata kunci: Model Pendidikan, Wirausaha, Vokasi Maritim
References
Alwys, M. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa Politeknik. Rekayasa Sipil, 0(XII), 42–51.
Dainuri. (2019). Kontribusi Pendidikan Entrepreneurship: Suatu Upaya Konstruktif Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Pada Mahasiswa. Journal of Sharia Economic, 1, 1–13.
Hermina, U. N., & Novieyana, S. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. 7, 130–141.
kemenperin.go.id. (2018). Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. Retrieved January 16, 2022, from kemenperin.go.id website: https://www.kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-butuh-4-juta-wirausaha-baru-untuk-menjadi-negara-maju
Manap, A. (2018). Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mulyani, E., Alwi, A. C., Prilanita, N. Y., Aaminah, S. N., & Khotimah, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Kewirausahaan Dengan Pendekatan Company Program (Program Pendirian Perusahaan) Sebagai Upaya Menumbuhkan Wirausaha Muda di Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ningsih, R. (2017). Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa. Memajukan Kewirausahaan Dalam Upaya Membangun Indonesia, 60–69. Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Sandiasa, G. (2009). Kewirausahaan. Singaraja.
Santia, T. (2020, November 24). Menaker: Jumlah Pengangguran Naik jadi 9,7 Juta Orang Akibat Pandemi Covid-19. Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4416534/menaker-jumlah-pengangguran-naik-jadi-97-juta-orang-akibat-pandemi-covid-19
Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Simamora, N. S. (2021). Lapangan Kerja Produktif di Indonesia.
Susanti, M. H. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Menumbuhkan Entrepreneur Muda Kreatif dan Inovatif Di Kota Semarang. Jurnal Forum Ilmu Sosial, 41(1), 41–53.
Wahyudi, Mukrodi, Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri : Learning , Sharing & Practice. Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i1.120
Yoga Aditama, T. (2021). Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19. Retrieved from https://analisis.kontan.co.id/news/dampak-ekonomi-pandemi-covid-19
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.