Bagaimana tingkat literasi keuangan ibu rumah tangga ditinjau dari tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan?
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui literasi keuangan ibu rumah tangga di Kelurahan Margabakti ditinjau dari tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan di Kelurahan Margabakti Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya menggunakan interactive model. Sampel penelitian yang dijadikan informan sebanyak 7 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga yang berpendidikan SD, SMP, SMA dan S1 serta ibu rumah tangga yang mengelola keuangan keluarganya yang pendapatan keluarganya tergolong pada kategori rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi, yang penulis kenal dan dapat ditemui secara langsung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan berkontribusi terhadap literasi keuangan ibu rumah tangga. Empat diantara tujuh ibu rumah tangga memiliki literasi keuangan yang kurang baik dan tiga diantara tujuh ibu rumah tangga memiliki literasi keuangan yang cukup baik.
References
Creswell John. (2019). Research Design. Pustaka Pelajar.
Hardani, Nur Hikmatul Auliyah, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April). CV. Pustaka Ilmu.
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Ihsan, F. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta.
Krishna, A. S. S., Sari, M., & Rofaida, R. (2007). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (Financial Literacy Level Analysis Among Students and Its Affecting Factors. Survey on UPI). Academia.Edu, November, 1–6. http://www.academia.edu/download/39830776/Analisis_tingkat_literasi_keuangan_di_ka.pdf
Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2021). Penyuluhan Literasi Keuangan pada Ibu Rumah Tangga di Depok Sebagai Dasar Membangun Ketahanan Keuangan Keluarga. Warta LPM, 24(3), 521–532.
https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.13351
Lumintang, F. M. (2013). Analisis Pendapatan Petani Padi di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur. EMBA, 1(3), 991–998. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2304
Lusardi, A., & Mitchell, O. (2011). FINANCIAL LITERACY AROUND THE WORLD - Annamaria Lusardi and Olivia S. Mitchell. Nber, 17(4), 1–14.
Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2009). Financial Literacy Among the Young: Evidence and Implications For Cunsumer Policy. National Bureau of Economic Research, 358–380. https://www.nber.org/papers/w15352.pdf
Mcardle, J. J., Smith, J. P., & Willis, R. (2009). Cognition and Economic Outcomes in the Health and Retirement Survey (No. w15266). NBER Working Paper. http://www.nber.org/papers/w15266
Nanga, M. (2001). Makro Ekonomi Teori,Masalah & Kebijakan. Raja Grafindo Persada.
Nurkhin, A. (2017). Pengujian Dimensi Konstruk Literasi Keuangan Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 727–736.
OJK. (2019). Survei nasional literasi and inklusi keuangan. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2019. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id
Rahmawati, F. (2019). REFLEKSI RENDAHNYA LITERASI KEUANGAN DIKALANGAN BURUH PABRIK: PENYEBAB DAN AKIBAT (Studi Kasus Pabrik di Kota Probolinggo). 9–25.
Silalahi, H. T. (2016). Studi Komparasi Tingkat Literasi Keuangan Keluarga Di Desa Condongcatur, Yogyakarta Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Dan Gaya Hidup. Skripsi, 1–119.
https://repository.usd.ac.id/6998/2/121324022_full.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.