Peningkatan Wawasan dan Keterampilan Jurnalistik Melalui Pemanfaatan Smartphone Siswa SMA Negeri 21 Garut
Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan smartphone yang semakin meluas di kalangan masyarakat termasuk siswa yang memungkinkan penggunaannya tidak tepat dikarenakan oleh kurangnya wawasan dan keterampilan dalam memanfaatkan smartphone. Hal ini terbukti dengan banyaknya konten media berisi berita hoaks. Oleh karena itu perlu ada aktivitas yang bertujuan meningkatkan wawasan dan keterampilan jurnalistik di masyarakat khususnya di lingkungan siswa. Pengabdian ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan jurnalistik siswa SMAN 21 Garut. Metode yang digunakan yakni ceramah, diskusi dan ptaktik. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan pre-test, hasilnya menunjukan (92%) siswa kurang memiliki wawasan jurnalistik. Setelah dilakukan edukasi dan pelatihan keterampilan dasar jurnalistik, dilakukan post-test hasilnya menunjukkan (98%) siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jurnalistik dan memiliki keterampilan dalam pengambilan foto, video jurnalistik serta penulisan berita menggunakan smartphone. Melalui pengetahuan dan keterampilan jurnalistik, memungkinkan para siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan jurnalistik warga dengan kualitas karya jurnalistik yang baik dan benar.
References
Fauzi, H. I., & Tantra, T. (2023). pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli smartphone vivo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1422–1438.
Gama, B., & Kusumawati, H. S. (2020). Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Warta LPM, 24(1), 28–37. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9975
Indrayana, M., & Anggraini, O. (2023). IbM Pelatihan Jurnalisme Online bagi Pelajar SMA. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 5(1).
Irnawaty, & Agustang, A. (2019). Smartphone Addiction Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 6(2), 41–46.
Kamlasi, I., Sahan, A., Emanuel, U., & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–59.
Maknuni, J. (2020). Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02(02), 94–106.
Meliala, R. M., Syahril, R., & Shinta, M. R. (2019). Pelatihan Dasar Jurnalistik Sebagai Citizen Journalist Bagi Remaja Asuhan Ar Ridho. Jurnal SOLMA, 8(2), 295. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3166
Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961
Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154
Putri, E. L. (2022). Penggunaan Google Classroom sebagai Pengoptimalisasi Belajar Mengajar. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 88–96.
Ramadhan, A. (2022). Praktik Jurnalistik dalam Era Media Sosial: Studi Kasus pada Jurnalis Televisi. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Ramli, S. (2023). Kreativitas pelaku usaha, sosial media dan inovasi kemajuan teknologi terhadap keputusan pembelian smartphone. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 20(1), 31–39.
Sarwendah, L., & Wangi, M. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram PMI Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Citra Organisasi. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1).
Simamora, J., Wardaningsih, A. D., & Pamungkas, S. (2023). pelatihan jurnalistik online bagi siswa sekolah menengah atas (sma) citra berkat tangerang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–10.
Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169–179. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3354
Soputan, V., Londa, J. W., & Runtuwene, A. (2021). Analisis Semiotika Fotografi Human Interest Pada Pameran Foto Karya Mahasiswa Fispol Unsrat Di Jurusan Ilmu Komunikasi. Acta Diurna Komunikasi, 1–13.
Wolff, M., Tumbuan, W. J. F. A., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1671–1681.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.