Panduan Penulisan

Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan.
  2. Artikel berupa hasil pengabdian pada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan penerapan atau implementasi di masyarakat dalam bidang pendidikan, ekonomi, hukum, pertanian, peternakan, teknik dalam usaha mendorong usaha kecil menengah dan pengembangan teknologi berwawasan lingkungan serta teknologi tepat guna.
  3. Artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.

Sistematika Penulisan

Artikel diketik dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia.

Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Pelaksanaan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.

Ketentuan Penulisan Artikel :

Judul: maksimal 15 kata. Judul diketik dengan huruf Times New Roman, 14 huruf rata tengah cetak tebal.

Nama penulis: atau penulis-penulis diketik di bawah judul dengan font Times New Roman 12 cetak tebal, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama  ditulis nama institusi dan email penulis.

Abstrak: terdiri dari 150 sampai 200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dalam satu alinea yang berisi: tujuan pengabdian, metode kegiatan, dan hasil kegiatan. Diketik dengan font Times New Roman, spasi tunggal, dan dicetak miring. Di bawah abstrak ada kata kunci maksimal 5 kata, dipisahkan dengan tanda titik koma, diketik spasi ganda dibawah abstrak.

Pendahuluan: Pendahuluan diketik dengan huruf besar [font Times New Roman 12 bold] berisi latar belakang mengatasi suatu permasalahan, analisis situasi, permasalahan mitra dan solusi yang ditawarkan, juga berisi tinjauan pustaka, rencana pemecahan masalah, dan tujuan kegiatan [font Times New Roman, 12, normal]

Pelaksanaan dan Metode: Metode penelitian menjelaskan tentang: metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian. Metode diuraikan dengan jelas dan terperinci berupa uraian pelaksanaan kegiatan meliputi lokasi, waktu, peserta, dsb [font Times New Roman, 11, Normal]

Hasil dan Pembahasan: Menjelaskan tentang hasil atau luaran pengabdian bisa berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan atau berupa produk. Hasil juga mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan. Jika berupa benda perlu ada penjelasan spresifikasi produk, keunggulan dan kelemahannya. Penulisan luaran perlu dilengkapi foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb. Pembahasan berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan, dan sudah dijelaskan terlebih dahulu. Pembahasan disertai argumentasi yang logis dengan mengaitkan hasil PkM dengan teori, hasil PkM yang lain dan atau hasil penelitian.

Simpulan : ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi hasil pengabdian dan rekomendasi untuk kegiatan pengabdian berikutnya.

Daftar Rujukan: Daftar pustaka ditulis berdasarkan model APA 5th (American Psychological Association). Sangat disarangkan menggunakan Reference manager (end note, mendeley, zetero dll) untuk memudahkan dalam editing dan review. Sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir. [Times New Roman, 12, normal].