Panduan Penulisan

Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan. Dibuktikan dengan statement of originality yang diunggah oleh penulis sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan naskah yang dikirim.
  2. Artikel berupa hasil pengabdian pada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan penerapan atau implementasi di masyarakat dalam usaha mendorong usaha kecil menengah dan pengembangan teknologi berwawasan lingkungan serta teknologi tepat guna.
  3. Artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.

Sistematika Penulisan

Artikel diketik dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia.

Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Penutup dan Daftar Pustaka.

Ketentuan Penulisan Artikel :

Judul: maksimal 15 kata. Judul diketik dengan huruf Times New Roman, 14 huruf rata tengah cetak tebal.

Nama penulis: atau penulis-penulis diketik di bawah judul dengan font Times New Roman 12 cetak tebal, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama  ditulis nama institusi dan email penulis.

Abstrak: terdiri dari 150 sampai 200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dalam satu alinea yang berisi: uraian singkat mengenai masalah mitra, tujuan pengabdian, metode kegiatan, dan hasil kegiatan. Diketik dengan font Times New Roman, spasi tunggal, dan dicetak miring. Di bawah abstrak ada kata kunci maksimal 5 kata, dipisahkan dengan tanda titik koma, diketik spasi ganda dibawah abstrak.

Pendahuluan: Bagian ini berisi analisis situasi, permasalahan mitra, dan solusi yang ditawarkan. Analisis situasi bergantung pada masyarakat sasaran. Analisis dapat berupa uraian seluruh persoalan yang dihadapi masyarakat mitra dari aspek sosial, budaya, religi, kesehatan, mutu layanan atau kehidupan bermasyarakat. Dapat juga berupa potensi dan peluang usaha masyarakat mitra dari aspek sumber daya, produksi dan manajemen usaha. [font Times New Roman, 12, normal]

Metode Pelaksanaan : Bagian ini menjelaskan pelaksanaan dan metode pengabdian. Uraian pelaksanaan kegiatan meliputi lokasi, waktu, latar belakang peserta dan banyaknya peserta. Sedangkan uraian metode kegiatan meliputi metode dan materi yang disampaikan. Pilih salah satu atau mengkombinasikan beberapa metode kegiatan antara lain: (1) Training/Pelatihan: barang maupun jasa, difusi ipteks, substitusi ipteks (ipteks terbarukan), atau simulasi ipteks; (2) Pendidikan berkelanjutan; (3) Penyadaran/Peningkatan pemahaman terhadap suatu masalah; (4) Konsultasi/Pendampingan/Mediasi. [font Times New Roman, 12, Normal]

Hasil dan Pembahasan: Bagian ini merupakan bagian utama artikel hasil pengabdian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil pengabdian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil "bersih". Proses analisis data tidak perlu disajikan. Tabel dan gambar dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil pengabdian. Tabel dan gambar harus diberi komentar atau bahasan. Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menunjukkan bagaimana implementasi solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah mitra; (2) menunjukkan bagaimana luaran dari implementasi solusi tersebut sebagai indikator keberhasilan program; serta (3) menjelaskan faktor-faktor pendorong atau penghambat pelaksanaan program. 

Dalam bagian pembahasan ini lebih ditekankan pada uraian luaran program yang dapat berupa produk/barang atau jasa yang dihasilkan mitra sebagai indikator keberhasilan program. Dalam menjawab permasalahan mitra, hasil pengabdian harus terukur (sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan pengamatan produk yang dihasilkan, respon mitra, dan lain sebagainya).

Penutup : berisi simpulan dan saran yang masing-masing ditulis sebagai sub judul. Pada bagian ini kadang-kadang juga dimuat ucapan terimakasih. [font Times New Roman, 12, Normal]

Daftar Pustaka: ditulis berdasarkan model APA 5th (American Psychological Association). Sangat disarangkan menggunakan Reference manager (end note, mendeley, zetero dll) untuk memudahkan dalam editing dan review. Sumber-sumber yang dirujuk minimal 80% berupa pustaka sekunder terbitan 10 tahun terakhir. [Times New Roman, 12, normal].