Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing untuk Pengembangan Wisata di Desa Sendangsari
Abstract
Karang Taruna Karya Manggala Sendangsari Pengasih Kulonprogo saat ini tidak memiliki kegiatan ekonomi produktif. Padahal ada beberapa potensi yang bisa dimanfaatkan di sektor pariwisata, seperti produk lokal dan destinasi desa wisata. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda sebagai pengelola desa wisata. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini berupa pendampingan dan pelatihan kewirausahaan serta digital marketing untuk pengembangan desa wisata dengan pemaparan materi kewirausahaan oleh dosen pelaksana dan pelatihan digital marketing oleh praktisi dengan menggunakan 4 tahapan yaitu: (1) Analisis potensi/produk wisata yang diolah secara ekonomi produktif, (2) Pembuatan desain video, (3) Proses editing video, dan (4) Pengunggahan video produk di media sosial YouTube. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara tatap muka dan diikuti oleh 23 orang peserta pemuda dari karang taruna Karya Manggala Desa Sendangsari, dengan memberikan materi tentang kewirausahaan dan pembuatan video yang bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan jiwa kewirausahaan dan keterampilan pemasaran digital. Hal ini berperan penting dalam mempromosikan potensi pariwisata. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan lancar dengan semakin meningkatnya minat generasi muda untuk berwirausaha dan mampu membuat video promosi.
References
Apostolopoulos, Nikolaos, Haya Al-Dajani, Diane Holt, Paul Jones, and Robert Newbery. (2018). “Entrepreneurship and the Sustainable Development Goals.” In Entrepreneurship and the Sustainable Development Goals, 1–7. Emerald Publishing Limited.
Chowdhury, Farzana, David B Audretsch, and Maksim Belitski. (2019). “Institutions and Entrepreneurship Quality.” Entrepreneurship Theory and Practice 43 (1): 51–81.
Dabić, Marina, Bozidar Vlačić, Justin Paul, Leo-Paul Dana, Sreevas Sahasranamam, and Beata Glinka. (2020). “Immigrant Entrepreneurship: A Review and Research Agenda.” Journal of Business Research 113: 25–38.
Dewi, Sannya Pestari, and Firman Asharudin. (2020). “Pengembangan umkm di rw 03 mrican melalui pengenalan promosi digital.” Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1): 33–39.
Gupta, Parul, Sumedha Chauhan, Justin Paul, and Mahadeo P Jaiswal. (2020). “Social Entrepreneurship Research: A Review and Future Research Agenda.” Journal of Business Research 113: 209–29.
Harsana, Minta, Sutriyati Purwanti, Ambar Rizqi Firdausa, and Erza Chica’al Sandya. (2021). “Peningkatan keterampilan kuliner bagi kelompok pkk sekitar kampus gunungkidul universitas negeri yogyakarta.” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana 16 (1).
Kraus, Sascha, Carolin Palmer, Norbert Kailer, Friedrich Lukas Kallinger, and Jonathan Spitzer. (2019). “Digital Entrepreneurship: A Research Agenda on New Business Models for the Twenty-First Century.” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research 25 (2): 353–75.
Nambisan, Satish, Donald Siegel, and Martin Kenney. (2018). “On Open Innovation, Platforms, and Entrepreneurship.” Strategic Entrepreneurship Journal 12 (3): 354–68.
Nishantha, Busige. (2009). “Influence of Personality Traits and Socio-Demographic Background of Undergraduate Students on Motivation for Entrepreneurial Career: The Case of Sri Lanka.”
Olanrewaju, Abdus-Samad Temitope, Mohammad Alamgir Hossain, Naomi Whiteside, and Paul Mercieca. (2020). “Social Media and Entrepreneurship Research: A Literature Review.” International Journal of Information Management 50: 90–110.
Rianto, Rianto, Kasih Prihantoro, Suhirwan Suhirwan, Anton Iman Santosa, Budi Pramono, Guntur Eko Saputro, and Lukman Yudho Prakoso. (2021). “Kebijakan Publik Desa Wisata Solusi Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mendukung Ekonomi Pertahanan.” Jurnal Inovasi Penelitian 2 (5): 1441–50.
Rukka, Rusli Mohammad. (2011). “Buku Ajar Kewirausahaan 1.” Makassar: Lembaga Kajian Dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.
Scarborough, Norman, Doug Wilson, and Thomas Zimmerer. (2008). “Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil.” Jakarta: Salemba Empat.
Sergi, Bruno S, Elena G Popkova, Aleksei V Bogoviz, and Julia V Ragulina. (2019). “Entrepreneurship and Economic Growth: The Experience of Developed and Developing Countries.” In Entrepreneurship and Development in the 21st Century, 3–32. Emerald publishing limited.
Siswoyo, B B. (2009). “Kewirausahaan Dalam Kajian Dunia Akademik.” FE UM.
Sumardi. (2007). Password Menuju Sukses Rahasia Membangun Sukses Individu, Lembaga, Dan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Suratna, Suratna. (2010). “Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Inkubator Bisnis.” Jurnal Administrasi Bisnis 6 (2): 1–16.
Sutopo, S, M L Endarwati, C D Puspitasari, and E P Astuti. (2020). “Increased Productivity of Batik Wood Mask Craftsmen through Appropriate Technology Equipment.” In Journal of Physics: Conference Series, 1700:12030. IOP Publishing.
Zuhal et al. (2008). Kekuatan Daya Saing Indonesia : Mempersiapkan Masyarakat Berbasis Pengetahuan. Jakarta: Kompas.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.