Pengaruh Service Fairness dan Customer Engagement terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel di Kota Kediri
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh Service Fairness (X1) dan Customer Engagement (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Telkomsel di Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan mengambil pelanggan sebanyak 300 pelanggan di Kota Kediri sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinan R2. Berdasarkan hasil persamaan regresi Y = 2,663 + 0,373 X1 + 0,205 X2 + e.
Hasil uji T ditemukan variabel service fairness (X1) ditemukan Sig. 0,000 secara parsial variabel X1 berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji T dapat diketahui variabel customer engagement (X2) ditemukan Sig. 0,000 secara parsial variabel X2 berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F sebesar 381,160 Sig 0,000. Karena nilai Sig. kurang dari 0,05, maka H0 ditolak yang artinya secara simultan service fairness dan customer engagement berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
References
Darmadi, Roby, Parlagutan Silitonga, dan Al Agus Kristiadi. 2021. “Pengaruh Social Media Customer Engagement Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas terhadap Perguruan Tinggi.†Widya Manajemen 3(2):166–77.
Darmadi, Roby, Parlagutan Silitonga, dan Al Agus Kristiadi. 2021. “Pengaruh Social Media Customer Engagement Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas terhadap Perguruan Tinggi.†Widya Manajemen 3(2):166–77.
Intan Nugraheni, Catherina. 2013. “Pengaruh Customer Engagement Melalui Media Sosial Terhadap Kepercayaan Merek (Studi Pada Facebook Sunsilk Indonesia) Universitas Indonesia.â€
Puspitasari, R. .. 2017. “Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pengguna Telkomsel di Yogyakarta.†Management.
Sidharta, Evelina Larisa, dan Keni Keni. 2017. “Pengaruh Service Fairness, Empathy Dan Physical Environment Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty.†Jurnal Manajemen 19(2):263. doi: 10.24912/jm.v19i2.122.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, Dicky, dan Murwatiningsih. 2019. “Building Customer Engagement through Customer Experience , Customer Trust , and Customer Satisfaction in Kaligung Train Customers.†Management Analysist Journal 8(4):2252–6552.
Telkomsel, PT Telekomunikasi Seluler. 2021. “Telkomsel Jadi Operator Seluler dengan Pelanggan Terbanyak di Indonesia.†Databoks.Com 2021.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.