Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Membeli Produk Air Mineral Darusslam Gontor (AMIDAS)
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Membeli Produk Air Mineral Darusslam Gontor (AMIDAS)
Abstract
AbstractOne of the human primary needs is water. Water is used for various purposes of human life, one of which is for drinking The increasing demand for water has become an opportunity for business people to use water as a business medium, by producing bottled drinking water. In line with the changes in people’s lifestyles in consuming drinking water without boiling it manually, the demand for bottled mineral water is also increasing. However, Muslim consumers need special considerations to make before buying bottled drinking water such as the considerations of cleanliness, production processes, prices, industries that produce, and guarantee the mineral water quality. The purpose of this study was to determine the effect of Islamic Brand and price perception on consumer decisions to buy Darussalam Gontor Mineral Water (AMIDAS) products. This research was conducted by quantitative descriptive method using multiple linear regression analysis. Informants in this study were consumers who have purchased AMIDAS products more than twice, 100 respondents in total. The data were collected by distributing questionnaires. The results showed that AMIDAS brand image had an effect of 3.291 with a significant value of 0.001, while the price perception variable showed an effect of 8.825 with a significant value of 0.000. These results indicated that the price perception variable was the most influencing factor for consumers in buying Darussalam Gontor Mineral Water (AMIDAS) products.
Keywords: Amidas Gontor , Brand, Price Perception, Consumer decision, Islamic Brand.
Abstrak
Salah satu kebutuhan primer manusia adalah air. Air digunakan untuk berbagai keperluan hidup manusia, salah satunya untuk air minum. Semakin tingginya kebutuhan air, sehingga menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan air sebagai media bisnis, yaitu dengan memproduksi air minum dalam kemasan. Diiringi perubahan gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi air minum tanpa harus mengolah secara manual atau merebus, menjadikan permintaan terhadap air mineral dalam kemasan semakin meningkat. Sebagai konsumen masyarakat muslim, tentu perlu pertimbangan khusus sebelum membeli air minum kemasan yang beredar dipasaran, seperti pertimbangan terhadap kebersihan, proses produksi, harga, industri yang memproduksi hingga jaminan kualitas dari air mineral tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Islamic Brand dan Persepsi Harga terhadap keputusan konsumen membeli produk Air Mineral Darussalam Gontor (AMIDAS). Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Informan dalam penelitian adalah konsumen yang telah membeli produk AMIDAS lebih dari dua kali pembelian yang berjumlah 100 responden. Penggambilan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image AMIDAS berpengaruh sebesar 3.291 dengan nilai signifikan sebesar 0,001, sedangkan variabel Persepsi harga menunjukkan pengaruh sebesar yang ditunjukkan 8.825 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Dari hasil ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi harga menjadi faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam membeli produk Air Mineral Darussalam Gontor (AMIDAS).
References
AMDK La Tansa Gontor. (2016). https://airminumlatansa.wordpress.com/. https://airminumlatansa.wordpress.com/
Bryman, A. (2012). Social Research Methods. Oxford University Press Inc.
Fitriya, E. (2017). Analisis Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 2(1), 31–41.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2003). Keanekaragaman hayati untuk keberlanjutan kehidupan manusia. http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/home/index.php?page=ebook&code=ka&view=yes&id=1
Kurniawan, D. A. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Terhadap Niat Konsumen untuk Word of Mouth dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada BPJS di Kabupaten Ponorogo). Al Tijarah, 2(1), 94–118. https://doi.org/10.21111/TIJARAH.V2I1.665
Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2021). Islamic marketing (1st ed.). UNIDA Gontor Press.
Musthaf Usmani. (2022). Al-qur’an Al-Karim. Kementrian Agama Republik Indonesia.
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI), 13(79), 79–87.
PT. Lagizi Karya Indonesia. (2017). Pentingnya Air Bagi Tubuh. http://lagizi.com/pentingnya-air-bagi-tubuh/
Saefurahman, A., & Hadi, S. S. (2020). Price Perception , Risk , Quality of Information , and It ’ s Effect on Online Purchase Decisions. Advances in Economics, Business and Management Research, 132(AICMaR 2019), 172–177.
Saladin. (2018). Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. Linda Karya.
Schiffman, & Kanuk. (2011). Consumer Behavior 10 Edition. Prentice.
Sevilla, C. G., Jesus A, O., Twila G, P., Regala, B. P., & Gabriel G, U. (1988). An Introduction to research methods. Rex Printing Company.
Sugiono. (2013). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suharto, A. (2016). Pengaruh harga dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 1(1), 31–39.