Evaluasi Blue Ocean Strategy dalam Penerapan Virtual Office Working pada Industri Konsultan Arsitektur

Studi Kasus pada Boutique Firm BTS Studio Yogyakarta

  • Ardhini Zulfa Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Nur Wening

Abstract

Penelitian ini berfokus pada evaluasi strategi, dengan mencoba membuktikan kesesuaian strategi yang diterapkan oleh konsultan arsitektur Boutique Firm BTS Studio melalui konsep virtual office working (VOW) dibandingkan dengan standar yang benar dari blue ocean strategy (BOS) dan melihat keefektifan dan efisiensi penerapannya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, berjumlah 4 informan yang mengerti tentang dinamika industri konsultan arsitektur. Penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya oleh Paramita Ratri (2012), dengan 25 poin sebagai indikator dan instrumen variabel A (karakteristik BOS) untuk variabel B (karakteristik perusahaan), nilai kesesuaian minimum harus mencapai persentase 80%. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa strategi perusahaan mencapai 88%, sehingga dianggap menerapkan BOS. Menjalankan BOS dituntut untuk memenuhi setiap karakteristiknya, apabila evaluasi kesesuaian kurang dari ambang batas minimum, maka hanya dianggap sebagai diversifikasi. Penerapan VOW sebagai BOS juga dianggap lebih efektif dan efisien dari segi waktu, biaya, dan SDM.

Published
2021-01-30
How to Cite
ZULFA, Ardhini; WENING, Nur. Evaluasi Blue Ocean Strategy dalam Penerapan Virtual Office Working pada Industri Konsultan Arsitektur. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26-41, jan. 2021. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1161>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jmk.v6i1.1161.
Section
Artikel Ilmiah