Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhanwajib Pajakkendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Nganjuk)

  • Nindya Arofia Universitas Islam Kadiri Kediri
  • Nur Rahmanti Ratih Universitas Islam Kadiri Kediri
  • Eni Srihastuti Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor(Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Nganjuk) bertujuanuntuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan kualitas pelayanan publik terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada kantor bersama SAMSAT kabupaten Nganjuk. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa Adjusted R2 diperoleh nilai 0,519 yang berati bahwa 50% tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dipengaruhi oleh kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan kualitas pelayanan publik. Sisanya sebanyak 50% dipengaruhi variabel diluar model.Hasil uji t menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan kualitas pelayanan publik berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Published
2019-05-25
How to Cite
AROFIA, Nindya; RATIH, Nur Rahmanti; SRIHASTUTI, Eni. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhanwajib Pajakkendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Nganjuk). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 52-64, may 2019. ISSN 2338-3593. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/504>. Date accessed: 19 apr. 2024.