Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Pada STIE Malangkuçeçwara Malang

  • Djoko Sugiono STIE Malangkucecwara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara parsial serta simultan terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi STIE Malangkucecwara Malang. Sehingga metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, beserta uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara parsial terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi di  STIE Malangkucecwara Malang dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan. Dengan demikian hipotesis pertama dapat dikatakan terbukti. Hasil analisis pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara simultan terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi di  STIE Malangkucecwara Malang dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan. Dengan demikian hipotesis kedua dapat dikatakan terbukti. Variabel yang paling dominan mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa akuntansi di  STIE Malangkucecwara Malang adalah motivasi, dikarena memiliki tingkat signifikan yang terbaik yaitu 0,001 sedangkan Kecerdasan Emosional 0,002 dan Motivasi 0,003.

Published
2018-11-19
How to Cite
SUGIONO, Djoko. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Pada STIE Malangkuçeçwara Malang. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 15-36, nov. 2018. ISSN 2338-3593. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/312>. Date accessed: 22 jan. 2025.