Pendampingan Akuntansi Dan Keuangan BUMDes Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara

  • Risal Risal Universitas Panca Bhakti
  • Renny Wulandari Universitas Panca Bakti
  • Jaurino Jaurino Universitas Panca Bakti

Abstract

Desa Sedahan Jaya adalah salah satu desa yang telah mendirikan Bumdes. Bumdes Sedahan Jaya yang menjadi mitra belum melakukan penyusunan laporan keuangan dengan baik dan belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Pembukuan yang dilakukan setiap terjadi transaksi, hanya sebatas mencatat kas masuk dan kas keluar tanpa memperhatikan kaidah akuntansi. Hal tersebut disebabkan karena bendahara bumdes tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan belum pernah diadakan pelatihan berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan kepada para pengelola Bumdes sehingga menambah kompleksitas dari permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam menyusun laporan keuangan, sehingga dibutuhkan adanya transfer knowledge melalui penyelenggaraan seminar dan pelatihan. Metode pelaksanaa pada kegiatan PKM ini adalah dengan pendekatan pendidikan. Pendekatan pendidikan yang dimaksud adalah dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengelolaan Bumdes yang diwujudkan pada kegiatan seminar serta menyelenggarakan kegiatan pelatihan akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan Bumdes. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan adanya kegiatan seminar dan pelatihan ini pengelola Bumdes dapat membukukan setiap transaksinya ke dalam laporan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi.


 

References

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 13(1).

Anggraeni, M. R. R. S. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan (Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta). Modus, 28(2), 155-167.

Dwidiyantini, K. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Sujana, E. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan Manufaktur Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tugu Sari Pajahan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jimat, 7(1).

Hidayat, A. T., Pujiati, L., Hidyati, N., Hendrawan, S. A., Suprapto, S., & Nurali. (2018). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari Desa Bandung Kecamatan Diwek Jombang. Comvice, 2(1).

IAI. (2018). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Irawati, D., & Martanti, D. E. (2017). Transparansi Pengelolaan Laporan Keuangan BUMDes Terhadap Pelaporan Aset Desa (Studi Fenomenologi pada BUMDes Desa Karangbendo Kec Ponggok Kab Blitar). Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis, Jember.

Kusmayadi, D., Firmansyah, I., & Rahman, R. (2019). IbBM Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes dan Koperasi Nelayan di Desa Sancang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 5(1).

Mutiarni, R., Zuhroh, S., & Utomo, L. P. (2018). Pendampingan Pencatatan Transaksi dan Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan - Jombang. Comvice, 2(1).

Norita, Zal, Ridwan, & Evy. (2018). Sedahan Jaya Siap Menjadi Desa Wisata. Retrieved from http://infopublik.id/read/267116/sedahan-jaya-siap-menjadi-desa-wisata.html

Purnama, S., Iskandar, & Dirhamsyah, M. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Potensi Ekowisata di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Hutan Lestari, 7(1), 248-255.

Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi Perekayasan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Yudha, A., Marlina, T., & Fahmi, A. (2016). Pelatihan Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel Bumdes Pagelaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Zulkarnaen, R. M. (2016). Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 5(1), 1-4.
Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Published
2020-06-01
How to Cite
RISAL, Risal; WULANDARI, Renny; JAURINO, Jaurino. Pendampingan Akuntansi Dan Keuangan BUMDes Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 49-57, june 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/949>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i1.949.
Section
Articles