Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia melalui Praktikum Titrasi di SMA Negeri 5 Balikpapan

  • Ashadi Sasongko Institut Teknologi Kalimantan
  • Sri Sulastri SMA Negeri 5 Balikpapan
  • Adrian Gunawan Institut Teknologi Kalimantan
  • Moch Purwanto Institut Teknologi Kalimantan

Abstract

Ketersediaan laboratorium kimia di SMA sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui metode praktikum. Kecukupan jumlah guru dan laboran juga sangat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan praktikum. SMA Negeri 5 Balikpapan merupakan salah satu SMA ternama yang memiliki alat dan bahan praktikum kimia cukup memadai, namun sempat mengalami kekosongan kegiatan praktikum. Tim dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Kimia Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melakukan identifikasi untuk mengetahui alat dan bahan yang dapat digunakan. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa alat dan bahan yang ada memadai untuk berbagai materi praktikum kimia, termasuk praktikum titrasi asam basa, yang termasuk materi sulit dalam ilmu kimia. Modul praktikum disiapkan untuk menjadi acuan bagi siswa. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui dampak pelaksanaan praktikum titrasi. Praktikum titrasi menunjukkan dampak yang signifikan dalam mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium kimia dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap titrasi asam basa.

References

Amzar, M., Hendayana, S., Wahyu, W., Supriatna, A., Lestiyani, S., Collaborative Lesson Design of Acid-Base Titration Curve in Indonesia Senior High School, International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 3, 2018

Bahriah, E. S., Abadi, S. M., Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum, EduChemia, Vol.1, No.1, 2016

Emda, A., Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2, 2014

Hidayati, N., Penerapan Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2012

Lestari, W., Susilowati, E., Mahardiani, L., Nugroho, A., Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Metode Praktikum yang Dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Diagram Vee Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pokok Perubahan Materi Kelas VII Semester Genap Di MTSN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1, 2012

Utomo, M.P., Makalah Pengabdian Pada Masyarakat Adaptasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Negara OECD, 4 Juni 2011, FMIPA UNY

Widarti, H. R., Permanasari, A., Mulyani, S., Students’ Misconceptions on Titration, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 812 (2017) 012016
Published
2020-12-01
How to Cite
SASONGKO, Ashadi et al. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia melalui Praktikum Titrasi di SMA Negeri 5 Balikpapan. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 76-84, dec. 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/891>. Date accessed: 19 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.891.
Section
Articles