Penguatan Kapasitas Desa Binaan Melalui Program Laboratorium Desa Di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan

  • Mohtar Rasyid Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Beberapa desa di Kecamatan Kamal Bangkalan, selama ini masih termasuk sebagai desa yang kurang berkembang meskipun letaknya cukup dekat dengan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Untuk itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif melaksanakan Program Laboratorium Desa dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas aparat desa dalam melaksanakan kegiatan yang selama ini telah dilakukan. Kegiatan ini diintegrasikan dengan kurikulum yang ada di Jurusan Ilmu Ekonomi sehingga untuk setiap kelas diharapkan dapat mendampingi satu desa binaan. Dalam tahap pertama, terpilih empat desa di Kecamatan Kamal dengan masing-masing dikoordinasi oleh satu dosen pembimbing. Mahasiswa diharapkan dapat bekerja bersama masyarakat desa untuk memecahkan permasalahan yang ada di tiap-tiap desa. Alokasi waktu pendampingan adalah sebanyak satu semester dan bisa dilanjutkan jika dirasa masih perlu untuk diperpanjang. Sejauh ini kegiatan tersebut telah banyak membantu program desa setempat mulai dari penataan administrasi tata kelola desa, inisiatif desa dalam  penyusunan rencana strategis serta meningkatkan kreativitas desa dalam melayani masyarakat setempat.

References

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngdiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 75-84.

Harmalik, O. (2001). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan: Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyanto, D. (2011). Ekonomi Pekarangan di Pedesaan Jawa. Jurnal Komunitas, 3(1), 19-28.

Samidjo, G. S. (2016). Pengembangan Desa Wisata Belajar Berbasis Potensi Alam dan Pertanian di Polengan, Srumbung, Magelang. Jurnal Berdikari, 44-53.

Sukayadi, Indradi, Wiyono, Subroto, & Nugroho. (2013). Pengembangan Desa dan Rintisan Pengembangan Laboratorium Desa STPN Melalui Penyusunan Profil Desa. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Suripan, Sucipto, Nurhadi, & Sopingi. (2017). Pendampingan Penyusunan Program Pengembangan Desa Laboratorium. Abdimas Pedagogi, 87-93.
Published
2020-06-01
How to Cite
RASYID, Mohtar. Penguatan Kapasitas Desa Binaan Melalui Program Laboratorium Desa Di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-48, june 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/875>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i1.875.
Section
Articles