Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan

  • Robert Rizki Yono UMUS Brebes

Abstract

Tidak adanya pengajaran puisi di MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Hal ini berdampak pada pengetahuan yang dimiliki santri tentang teknik membaca puisi yang kurang. Kemenag mengadakan lomba porsadin bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam rangka memperkokoh eksistensinya di masyarakat. Diantaranya cabang seni yang dilombakan yaitu membaca puisi islam. Sehingga saat mengikuti porsadin cabang membaca puisi mendapat hasil yang tidak memuaskan. Padahal, banyak manfaat yang didapatkan dari membaca puisi.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan dengan mengimplementasikan teknik membaca puisi bagi santri, sehingga santri MDTA desa Randusanga Wetan diharapkan mengetahui tentang puisi dan  mampu membaca puisi dengan baik. metode yang digunakan adalah metode penyajian materi dan pendampingan sehinga mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan yang terlaksana dengan baik dan lancar dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kegiatan ini menghasilkan pengetahuan baru bagi santri tentang puisi, khususnya teknik membaca puisi. Kedua, peserta memperoleh teknik-teknik membaca puisi yang beragam seperti, vokal, jeda, intonasi, ekspresi, dan penghayatan.

References

Anshari, aswati, dan Nurhusna. Pelatihan cipta dan baca puisi bagi siswa SMP di Kabupaten Gowa. Prosiding seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat. 2018. No. 9 http://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/8087

Djahid. 2016. Penyelengaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Ponorogo. Jurnal Muaddib. No. 6. Vo. 1. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/164

Gusneli. 2017. Upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan metode demonstrasi siswa kelas XII MIA 3 SMAN 1 Pekanbaru. Jurnal PAJAR. Vol. 1, No. 2. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/258158-upaya meningkatkan-kemampuan membaca-pui-ecac67c0.pdf

Hanif, Fathurohman, dan Sumarwiyah. 2018. Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan eksperimentasi model CIRC bermedia video pembacaan puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara. Jurnal Kredo. Vo. 2. No. 2. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/download/2784/1476.

Maryani.2017. FKDT Gelar Porsadin Tingkat Nasional ke III di Pasuruan JawaTimur.Available: http://www.pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=9197

Mulyono, Tri 2010. Diklamasi dan baca puisi. Tegal: UPS

Tuminggar, sriwahyuni. 2014. Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan model amati, tiru, dan modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi pada siswa kelas VII SMPN I Sambong Kabupaten Blora. Skripsi. PBSI, FBS, UNNES, Semarang. Available: http://www.Google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.unnes.ac.id/21218/1/2101409017-s.pdf&ved

Sari, Chamisijatin, dan Santoso. 2019. Peningkatan keterampilan membaca puisi bagi siswa kelas IV dengan model demontrasi didukung media video pembelajaran di SDN 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 9. No. 2. Available from: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Published
2020-12-01
How to Cite
YONO, Robert Rizki. Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 103-109, dec. 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/858>. Date accessed: 08 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858.
Section
Articles