Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan
Abstract
Tidak adanya pengajaran puisi di MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Hal ini berdampak pada pengetahuan yang dimiliki santri tentang teknik membaca puisi yang kurang. Kemenag mengadakan lomba porsadin bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam rangka memperkokoh eksistensinya di masyarakat. Diantaranya cabang seni yang dilombakan yaitu membaca puisi islam. Sehingga saat mengikuti porsadin cabang membaca puisi mendapat hasil yang tidak memuaskan. Padahal, banyak manfaat yang didapatkan dari membaca puisi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan dengan mengimplementasikan teknik membaca puisi bagi santri, sehingga santri MDTA desa Randusanga Wetan diharapkan mengetahui tentang puisi dan mampu membaca puisi dengan baik. metode yang digunakan adalah metode penyajian materi dan pendampingan sehinga mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan yang terlaksana dengan baik dan lancar dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kegiatan ini menghasilkan pengetahuan baru bagi santri tentang puisi, khususnya teknik membaca puisi. Kedua, peserta memperoleh teknik-teknik membaca puisi yang beragam seperti, vokal, jeda, intonasi, ekspresi, dan penghayatan.
References
Djahid. 2016. Penyelengaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Ponorogo. Jurnal Muaddib. No. 6. Vo. 1. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/164
Gusneli. 2017. Upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan metode demonstrasi siswa kelas XII MIA 3 SMAN 1 Pekanbaru. Jurnal PAJAR. Vol. 1, No. 2. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/258158-upaya meningkatkan-kemampuan membaca-pui-ecac67c0.pdf
Hanif, Fathurohman, dan Sumarwiyah. 2018. Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan eksperimentasi model CIRC bermedia video pembacaan puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara. Jurnal Kredo. Vo. 2. No. 2. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/download/2784/1476.
Maryani.2017. FKDT Gelar Porsadin Tingkat Nasional ke III di Pasuruan JawaTimur.Available: http://www.pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=9197
Mulyono, Tri 2010. Diklamasi dan baca puisi. Tegal: UPS
Tuminggar, sriwahyuni. 2014. Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan model amati, tiru, dan modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi pada siswa kelas VII SMPN I Sambong Kabupaten Blora. Skripsi. PBSI, FBS, UNNES, Semarang. Available: http://www.Google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.unnes.ac.id/21218/1/2101409017-s.pdf&ved
Sari, Chamisijatin, dan Santoso. 2019. Peningkatan keterampilan membaca puisi bagi siswa kelas IV dengan model demontrasi didukung media video pembelajaran di SDN 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 9. No. 2. Available from: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE