Pendampingan Manajemen Usaha dan Pemasaran pada UMKM Krecek Krupuk “Bu Nor” di Ponorogo

  • Dhika Amalia Kurniawan Universitas Darussalam Gontor
  • Syamsuri Syamsuri Universitas Darussalam Gontor
  • Rahma Yudi Astuti Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Alfan Rumasukun Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi dan membina mitra UMKM Krecek Krupuk “Bu Nor” dalam aspek tata kelola dan kelembagaan (manajemen), peningkatan mutu dan kapasitas produksi, pengembangan bisnis dan pemasaran. Masalah ini dilatarbelakangi oleh kondisi kerja mitra yang masih manual dalam hal produksi yaitu tanpa menggunakan teknologi modern, rendahnya pengetahuan mitra terhadap manajemen usaha serta rendahnya ketrampilan mitra dalam hal pemasaran digital atau media massa. Metode yang dilakukan adalah pendampingan dan pelatihan secara intens kepada mitra melalui pelatihan manajemen usaha, pelatihan peningkatan produktivitas dengan menggunakan alat modern serta pelatihan pemasaran digital. Hasil yang diperoleh setelah adanya pendampingan adalah mitra saat ini meningkat pengetahuannya tentang manajemen usaha, meningkat produktivitas produknya, serta meningkat ketrampilannya dalam hal pemasaran digital yaitu melalui media massa dan market place.

References

Aisyah, I. S., Ma’arif, M. S., Daryono, D., & Budiono, B. (2023). Assistance in the implementation of occupational safety and health towards halal certification for small and medium enterprise. Journal of Community Service and Empowerment, 4(2), 400-407.

Dedy Sasongko. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Gazalin, J., Asiri, L., Sujana, I. W., Ode, L., Saputra, I., & Reni, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Pelayanan Administrasi Pemerintahan Desa di Desa Sandang Pangan Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Journal Of Training And Community Service Adpertisi, 1(2), e-ISSN : 2775-9342.

Huda, N., Woferst, R., Erwin, E., & Febriyanti, E. (2023). Training on preparation of balanced nutrition and healthy food creativity to increase nutrition intake of school children during the Covid-19 pandemic. Journal of Community Service and Empowerment, 4(2), 255–263. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i2.26287

Kadin Indonesia. (2024). UMKM Indonesia. KADIN INDONESIA Indonesian Chamber of Commerce and Industry. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kurniawan, D. A., Zarkasyi, M. R., & Setyanta, B. (2023). Economic Recovery Strategy for the SMEs Post Covid-19 Pandemic in Ponorogo : The Role of the Penta Helix Model. 75–86.

Ludbiyanto, O. X., & Pratiwi, T. K. (2023). Pentingnya Manajemen Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(3), 30–36.

Ranuharja, F., Indrayeni, W., Samala, A. D., Hasim, A., & Larashati, C. (2023). Improving marketing skills through logo design training for the local business community. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 78–83. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i1.24059

Widyo, N. A., Natasya, I. A., & Prasetyo, S. I. (2023). MSMEs go digital: Marketing assistance for batik tulis products through e-commerce. Journal of Community Service and Empowerment, 4(2), 242–248. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i2.26261
Published
2025-06-01
How to Cite
KURNIAWAN, Dhika Amalia et al. Pendampingan Manajemen Usaha dan Pemasaran pada UMKM Krecek Krupuk “Bu Nor” di Ponorogo. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 30-37, june 2025. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/6345>. Date accessed: 02 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v7i1.6345.
Section
Articles