Sosialisasi Aplikasi W-JAR sebagai Solusi Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Al Amien Kota Kediri
Abstract
Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah salah satu jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Pada pelaksanaan ujian kompetensi khususnya keahlian teknik komputer jaringan seringkali peserta didik khususnya di SMK Al Amien mengalami kesulitan dalam menghadapi ujian kompetensi keahlian. Hal ini disebabkan karena kurangnya persiapan, kurangnya pemahaman terhadap teori, keterbatasan fasilitas praktik, keterbatasan waktu pada praktik atau workshop langsung disekolah dan lain sebagainya. Aplikasi W-Jar adalah aplikasi berbasis website yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa untuk mempersiapkan ujian kompetensi. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan dan melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi W-Jar kepada siswa. Metode kegiatan sosialisasi ini terbagi 2 tahapan yaitu pra sosialisasi dan sosialisasi. Hasil dari sosialiasi menunjukkan sebesar 87% (sangat baik) siswa terbantu dalam penggunaan aplikasi W-Jar sebagai pendamping dalam proses belajar mempersiapkan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Rencana pengembangan lebih lanjut adalah dapat menambahkan fitur baru serta dilakukan penerapan aplikasi W-Jar untuk program keahlian yang lain.
References
Kurniasari, I., Mukmina, H., & Mubarok, A. (2024). Perancangan Aplikasi W-JAR sebagai Solusi Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 16(1), 257–266. https://doi.org/10.37424/informasi.v16i2.317
Meiliyanthi, I., Firdaus, F., & Purnamawati, P. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Berbasis Web Pada Wawasan Pendidikan Kejuruan. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 150–157. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1207
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. (Online). (http://djpp.depkumhum.go.id/).
Prabowo, T. A., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Web pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5261–5272.
Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Sudira, P. (2018). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.
Sudradjat, S., & Djanegara, M. S. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Sejahtera Kota Bogor. JADKES: Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21–28.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.