Pelatihan Bilingual-Digital Marketing Produk Usaha Rumah Tangga sebagai Usaha Peningkatan Produk Jual TP-PKK BPWIR Desa Pucakwangi
Abstract
Industri Rumah Tangga (IRT) merupakan usaha dengan tujuan menaikan taraf ekonomi keluarga. Pada Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini, pelatihan diberikan pada Mitra yakni Tim PKK BPWIR dan PRNA Desa Pucakwangi. Kegiatan Bilingual-Digital Marketing ini diikuti oleh 26 orang dari organisasi masyarakat, yakni PKK dan PRNA yang terlibat pada industri rumah tangga. Industri yang dijalankan yakni PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), Garmen atau pakaian, serta jasa berupa kursus atau layanan kesehatan lainnya. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah observasi, pelatihan, dan workshop atau praktek secara langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah Mitra mampu melakukan teknik fotografi produk yang tepat, mampu menyusun atau membuat label produk yang menarik konsumen, serta kemampuan dalam menjalankan toko online atau digital marketing guna memperluas jangkauan konsumen dan jumlah jual produk. Sehingga selain menjalankan usaha secara konvesnional, mitra juga mampu menjalankan usaha secara digital guna memenuhi kebutuhan konsumen. Kegiatan ini didanai oleh Hibah Internal Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Lamongan dengan skema Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).
References
Adiyono, N. G., Rahmat, T. Y., & Anindita, R. (2021). Digital Marketing Strategies To Increase Online Business Sales Through Social Media. Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT), 1(2), 31–37. https://doi.org/10.51715/husocpument.v1i2.58
Greatajoy, M. H. D., Fahmi, F. Z., Kharisma, F., Fazlurahman, H., & Rahman, M. F. W. (2023). The Role of Digital Marketing for the Home Convection Industry. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-178-4_5
Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103
Vinanti, S., & Lukiyanto, K. (2021). Perkembangan Digital Marketing Pada Home Industry MakananRingan Di Surabaya Raya Selama Pandemi Covid-19. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021), Wnceb, 351–357. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB
Wanti, A. K., Manihuruk, H., Maryam, S., Istiyanto, B., Matondang, N., & Ridwan, R. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Home Industri Rumah Tangga Melalui Digital Marketing. Ikra-Ith Abdimas, 7(3), 307–313. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v7i3.3061
Yansahrita, Y., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur. ECo-Buss, 6(1), 410–417. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.887


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.