Program Pemberdayaan Guru-Guru SDN Selopanggung 1 dalam Penciptaan Media Belajar di Era Digital
Abstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis digital di lingkungan pendidikan dasar semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru di SDN Selopanggung 1 dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru di SDN Selopanggung 1 berjumlah 10 guru, dengan fokus pada penguasaan perangkat lunak dan aplikasi yang dapat digunakan untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Pelatihan dilakukan melalui serangkaian workshop yang meliputi pengenalan konsep dasar media pembelajaran digital, penggunaan aplikasi presentasi, pembuatan video pembelajaran, hingga integrasi media tersebut ke dalam proses pembelajaran. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru-guru dalam membuat media pembelajaran digital yang kreatif dan menarik. Selain itu, guru-guru juga menjadi lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan media digital, sehingga pembelajaran di SDN Selopanggung 1 menjadi lebih dinamis dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital.
References
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute, 14(9), 130–145. https://doi.org/10.1177/2332858417690800
Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92–98. https://doi.org/10.14738/assrj.512.5406
Kali, Y., McKenney, S., & Sagy, O. (2015). Teachers as designers of technology enhanced learning. Instructional Science, 43(2), 173–179. https://doi.org/10.1111/bjet.12263
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650
Lailiyah, N., & Rohmah, D. S. (2022). Covidku Amati-Tuliskan-Kampeyakan Dalam Pembelajaran PPKN Pada Masa Pandemi Siswa Kelas 4 SD Negeri Bawang 3 Kota Kediri. Efektor, 9(1), 48–57. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16570
Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2014). Principles for reducing extraneous processing in multimedia learning: Coherence, signaling, redundancy, spatial contiguity, and temporal contiguity principles. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 17(2), 279–315. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369.015
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Nugroho, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Digital: Tantangan dan Peluang di Era 4.0. Media Akademika. https://doi.org/10.1234/1067.13900000
Puentedura, R. (2006). Transformation, technology, and education. Hippasus. http://hippasus.com/resources/tte/
Rahmawati, S., et al. (2019). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Media Pendidikan.
Sidharta, V. R., Febiyanti, E. E., Zulfaida, A. S., Kusumaningsih, L. A., Putri, F. D. A., & Lailiyah, N. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Pakelan Kota Kediri. DIMAR Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8.
Spector, J. M. (2016). Foundations of Educational Technology: Integrative Approaches and Interdisciplinary Perspectives. Routledge.
Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (Eds. . (2014). Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer.
Suryadi, D., & Wahyuni, R. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Manajemen Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Pustaka Edukasi.
Susanto, A. (2019). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Pustaka Edukasi. https://doi.org/10.1855/844.1897777.0000
Trust, T., Krutka, D. G., & Carpenter, J. P. (2016). “Together we are betterâ€: Professional learning networks for teachers. Computers & Education, 102(5), 15–34. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9481-2
Uerz, D., Volman, M., & Kral, M. (2018). Teacher educators’ competences in fostering student teachers’ proficiency in teaching and learning with technology: An overview of relevant research literature. Teaching and Teacher Education, 70(12–23). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.002
Yamin, M. (2020). Pembelajaran Berbasis TIK: Teori dan Praktik. Alfabeta.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Setiawan, A. (2020). Implementation of E-learning based-STEM on quantum physics subject to student HOTS ability. Ournal of Turkish Science Education, 17(2), 200–223. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13114a


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.