Sosialisasi Pemilihan Program Studi di Perguruan Tinggi kepada Siswa-Siswi SMA Al-Ma’hadul Islami Pasuruan
Abstract
Pemilihan program studi menjadi masalah bagi sebagian siswa-siswi SMA dan sederajat. Hal tersebut dikarenakan banyak dari mereka yang tidak mengetahui potensi, minat, dan bakat yang dimilikinya. Oleh karena itu calon mahasiswa memilih program studi berdasarkan keinginan dari orang tua, atau mengikuti trend dari teman-teman sebayanya. Karena pilihan tersebut tidak sesuai dengan passion, sebagian dari mereka mengalami putus kuliah atau pindah jurusan ditengah jalan. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah sosialisasi Pemilihan Program Studi di Perguruan Tinggi agar siswa-siswi mampu menentukan program studi yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan membagikan kuisioner tentang seberapa yakinkah mereka terhadap jenis kecerdasan (potensi), minat, dan bakat, yang dimiliki, serta apakah mereka sudah memiliki pilihan program studi yang akan dituju? Hasil survei membuktikan bahwa nilai rata-rata kuisinoner 3,0 (kurang yakin). Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi. Diakhir acara, siswa-siswi diberikan kuisioner yang sama untuk dibawa pulang. Pengisian kuisioner kedua dilakukan setelah siswa-siswi berdiskusi dengan orang tua, guru BK (bimbingan konseling), dan dosen pendamping, agar mereka lebih yakin terhadap pilihan program studi yang sesuai dengan potensi, minat, dan bakat, yang mereka miliki. Hasil rata-rata kuisioner kedua meningkat menjadi 4,1 (yakin). Berdasarkan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi ini memberikan manfaat kepada siswa-siwi SMA Al-Ma’hadul Islami Pasuruan.
References
Arnita, H., & Fadriati, F. (2022). Efektifitas Kebijakan Pendidikan Vokasi di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8129-8137. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9646
Farisi, A., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1872-1882.
Fouad, N. A., Kim, S., Ghosh, A., Chang, W., & Figueiredo, C. (2016). Family Influence on Career Decision Making: Validation in India and the United States. Journal of Career Assessment, 24(1), 197–212.
https://doi.org/10.1177/1069072714565782
Harahap, S. A., Yunus, Y., & Sumijan, S. (2023). Identifikasi Pemilihan jurusan IPA dan IPS di SMA Menggunakan Metode Backward Chaining. Insearch: Information System Research Journal, 3(01), 24-34.
https://doi.org/10.15548/isrj.v3i01.5812
Indis, N. A., Syahara, M. A., & Rosyadi, S. A. I. (2023). Pelatihan Penentuan Kadar Cuka Makanan dengan Metode Titrasi dalam Acara MGPM Kimia Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Kediri. JIA (Jurnal Implementasi Abdimas), 1(1), 9-16.
Jalal, N. M., Ansar, W., Irdianti, I., Istiqamah, S. H. N., & Ismail, I. (2022). Program Parenting Untuk Mengenali Bakat Dan Minat Siswa Di SMA Y Makassar. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 118-125. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v1i4.382
Kumar, S. (2016). Parental Influence on Career Choice Traditionalism among College Students in Selected Cities in Ethiopia. International Journal of Psychology and Educational Studies, 3(3), 23–30.
https://doi.org/10.17220/ijpes.2016.03.003
Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-38.
https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585
Listiowatty, Mrs. (2021). Keterlibatan Orang Tua pada Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Siswa SMA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1226–1240. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.205
Muda, I., Sembiring, S. M., & Sitorus, N. T. (2022). Bina Minat Dan Bakat Siswa pada Sma Prayatna Kota Medan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1856-1864. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1856-1864
Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya, A. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi di Jenjang Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 23–26.
https://doi.org/10.14710/jpv.2019.4796
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176-197.
https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Tirta, S. D., Malfasari, E., Febtrina, R., & Herniyanti, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa Sma dalam Memilih Jurusan Kesehatan di Perkuliahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(2), 381-390.
https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.381-390
Utomo, W. (2021). Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 65-72.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.