Pendampingan Literasi Numerasi Berbasis Go Green dengan Menerapkan Nilai Profetik di MIS Kota Langsa

  • Yenny Suzana Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Lathifah Hanum Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Sonia Kartika Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Ulfa Zain Institut Agama Islam Negeri Langsa

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan literasi numerasi berbasis go green pada guru dan siswa dengan menanamkan nilai-nilai profetik. Pelaksanaan pendampingan dilakukan di dalam dan di luar ruang kelas dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi berbasis go green. Teknik pendampingan menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Langkah-langkah pendekatan ABCD diawali analisis kebutuhan dengan melihat aset-aset yang dimiliki madrasah, merumuskan permasalahan, merancang/mengembangkan bahan pembelajaran bersama guru-guru kelas II yang terlibat, mendampingi guru melaksanakan kegiatan pembelajaran materi penjumlahan bilangan bulat berbasis go green di dalam dan di luar kelas dengan menanamkan nilai profetik, melakukan evaluasi dan umpan balik terhadap kemajuan siswa, serta melaksanakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan pengabdian ini melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru kelas II, dan seluruh siswa kelas II MIS Terpadu kota Langsa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi partisipatif yaitu abdimas turut serta terlibat langsung dalam subjek yang diteliti. Adanya keterlibatan langsung pada aktifitas keseharian subjek yang diamati untuk memperoleh pandangan dan pemaknaan subjek terhadap kegiatan-kegiatan yang berlangsung.

References

Afandi, A. (2022). Metodelogi Pengabdian Masyarakat (J. W. Suwendi, Abd. Basir (ed.); Cetakan I). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Anam, K. (2016). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Perspektif Islam. Jurnal Sagacious, 3(1), 67–78.

Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., Romdhoni, V. A., & Artikel, I. (2021). Proceeding of Integrative Science Education Seminar. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 333–339.

Binus. (2021). Dampak Positif Pelatihan Numerasi Untuk Siswa SD, Guru Dan Orang Tua Oleh Binusian. Bina Nusantara. https://www.binus.edu/fostering-and-empowering/post/dampak-positif-pelatihan-numerasi-untuk-siswa-sd-guru-dan-orang-tua-oleh-binusian#:~:text=Numerasi berbeda dengan kemampuan memahami,matematika pada situasi sehari-hari.

Boateng, W. (2012). Evaluating the Efficacy of Focus Group Discussion ( FGD ) in Qualitative Social. 3(7), 54–57.

Dr. Haryanto, M. P. (2020). Evaluasi pembelajaran (Konsep Dan Manajemen) (Cetakan I). UNY Press.

Frestika Dwinanda Situmeang. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ELPSA Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Ganesha.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Habibi, S. (2021). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(2020), 57–64.

Hansen, J., & Smith, M. (2020). Sustainability Literacy and Numeracy: A Framework for Curriculum Integration. International Journal of Science Education, Part B, 10(2), 107–126.

Inmas Aceh. (2021). Kemenag Tetapkan 69 Madrasah Inovasi Se-Aceh, Kepala Madrasah Harus Kreatif dan Berkarya. Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh. https://aceh.kemenag.go.id/baca/kemenag-tetapkan-69-madrasah-inovasi-se-aceh-kepala-madrasah-harus-kreatif-dan-berkarya

Iradah, M. (2022). Kakanwil Kemenag Aceh Lauching Madrasah Digital di Langsa. Pemerintah Aceh. https://www.acehprov.go.id/berita/kategori/iptek-sains/kakanwil-kemenag-aceh-lauching-madrasah-digital-di-langsa

Kadir, K. (2021). Scaffolding Pada Proses Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat:(Scaffolding of the Process of Mathematics Problem Solving in Integers). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 8–13.

Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2811

Maknun, M. L. (2019). Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Kediri. Potret Gerakan Literasi Madrasah, 6, 33–60.

Nehru, N. A. (2020). Belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 dalam perspektif konsep perkembangan psikososial erikson. Academia. Edu, 1–14.
Published
2024-06-01
How to Cite
SUZANA, Yenny et al. Pendampingan Literasi Numerasi Berbasis Go Green dengan Menerapkan Nilai Profetik di MIS Kota Langsa. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 35-47, june 2024. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/4886>. Date accessed: 21 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v6i1.4886.
Section
Articles