Sosialisasi Program Kartu Jajan di MTSN 2 Kota Kediri sebagai Bentuk Layanan Digitalisasi Sekolah
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi telah mengalami kemajuan yang pesat hingga mengubah perilaku dan budaya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan bersosialisasi termasuk juga bagi kemajuan dunia pendidikan. Aplikasi “Platform Sekolah Pintar†hadir membantu institusi untuk bertransformasi digital sehingga menjadi organisasi yang efisien, efektif, inovatif dan akseleratif. Permasalahan klasik di sekolah atau pondok pesantren adalah uang saku siswa yang belum bisa dikelola dengan baik, seringnya kasus kehilangan uang, kesenjangan sosial, penggunaan uang cash yang tidak terkontrol atau sering disalahgunakan, Serta resiko penularan virus melalui transaksi uang cash disaat pandemik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa “Sosialisasi Program Kartu Jajan di MTSN 2 Kota Kediri sebagai Bentuk Layanan Digitalisasi Sekolah.†Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan model pengembangan instruksional, seperti observasi langsung; pelatihan serta monitoring dan evaluasi. Adapun instrumen yang digunakan meliputi: Presentasi, wawancara, dokumentasi serta forum diskusi kelompok. Luaran yang dicapai adalah memberikan tambahan wawasan dan Penerapan Kartu Jajan Digital berbasis mobile sebagai Media Digitalisasi Sekolah sehingga dapat menguatkan reputasi Sekolah dalam implementasi Smart School berbasis teknologi di era teknologi digital.
References
Brous, P., Janssen, M., & Herder, P. (2020). The dual effects of the Internet of Things (IoT): A systematic review of the benefits and risks of IoT adoption by organizations. International Journal of Information Management, 51, 101952. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.008
Christanto, F. E., & Candra, R. (2018). Implementasi Kartu RFID Untuk Sistem Transaksi Basis Data Digital. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 22(3).
Faridha, M., Sidiq, A., Karim, S., Lisdawati, A. N., Rusilawati, R., & Irfan, I. (2022). Instalasi Penerangan Madrasah Ibtidayah (MI) Tasrihul Islam Untuk Peningkatan Fasilitas Sekolah Menyongsong Pendidikan Yang Lebih Maju. JURNAL PENGABDIAN AL-IKHLAS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i3.6932
Hossein Motlagh, N., Mohammadrezaei, M., Hunt, J., & Zakeri, B. (2020). Internet of Things (IoT) and the energy sector. Energies, 13(2), 494. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/en13020494
Kurniasari, I., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2021). Analysis of Public Opinion Sentiment on Instagram Regarding Covid-19 with SVM. Jurnal Sistem Telekomunikasi, Elektronika, Sistem Kontrol, Power Sistem Dan Komputer, 1(1), 344688.
Kurniawan, R., Rubiati, N., & Rionaldo, R. (2020). Aplikasi Augmented Reality Untuk Kartu Anggota Sebagai Portofolio Digital. Informatika, 12(1), 56–63. https://doi.org/https://doi.org/10.36723/juri.v12i1.208
Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396–401. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752
Rahmadhani, E. (2019). Guru Melek Teknologi: Pelatihan Pembuatan Media Berbasis Macromedia Flash. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1088
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.