Numerasi Interaktif Berbasis Masalah di SDN 104 Kota Bengkulu untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

  • Herlin Fransiska Universitas Bengkulu
  • Sigit Nugroho Universitas Bengkulu
  • Winalia Agwil Universitas Bengkulu

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 sangat besar bagi dunia pendidikan terutama didaerah yang belum maju seperti SDN 104 Kota Bengkulu. Hasil pembelajaran berdasarkan asesmen lapangan menunjukkan hasil yang rendah sehingga butuh kerja keras untuk meningkatkannya. Hasil asesmen tersebut menunjukkan kemapuan numerasi merupakan yang terendah padahal kemampuan ini sangat penting bagi siswa. Kegiatan numerasi iteratif berbasis masalah (NIRA) diyakini menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa. Metode yang dilakukan ialah menyediakan bahan pembelajaran dan buku saku yang lengkap dengan soal dan jawaban serta memanfaatkan teknologi. Pemanfaatan teknologi sangat diperlukan demi kelancaran dan keefektifan pembelajaran. Penerapan teknologi seperti penggunaan software matematika yang mudah dan menarik untuk anak, penggunaan video pembelajaran yang menarik dan buku saku yang efektif dan efisien membuat kegiatan berjalan lancar serta bermanfaat untuk jangka panjang.  Kegiatan ini akan membuat siswa menjadi melek literasi numerasi dan membantu sekolah dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi asasmen nasional berikutnya. Hasil wawancara kepada siswa dan guru menunjukkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa. Selain itu hasil analisis nilai pretest dan postest menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan p-value 0.026 artinya kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

References

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 28–39.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 294–303.

Kairusta, Y. R., Nazmi, R., & Junaidi, J. K. (2021). Dampak Sistem Pembelajaran Shift Bagi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi IPS 2 SMAN 6 Bengkulu. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 15–23.

Kristianti, T., Firmanto, B., & Noelita, W. L. (2023). Penerapan Literasi , Numerasi , dan Teknologi di SD Islam Darul Fahri Desa Tirtoyudo Kabupaten Malang. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–6.

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD ( Studi Kbm Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa ). Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha Journal, 9(1), 1–9.
Published
2024-06-01
How to Cite
FRANSISKA, Herlin; NUGROHO, Sigit; AGWIL, Winalia. Numerasi Interaktif Berbasis Masalah di SDN 104 Kota Bengkulu untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 11-17, june 2024. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/4480>. Date accessed: 21 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v6i1.4480.
Section
Articles