Pendampingan Siswa Mengenalkan Keajaiban Angka dalam Alqur’an melalui Pemanfaatan Modul Interaktif Berbasis Liveworksheet

  • Annisah Kurniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depriwana Rahmi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Modul interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang menjadi bagian penting dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Situs liveworksheets dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan modul interaktif sehingga dapat mendukung pembelajaran agar berjalan dengan baik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu menjelaskan kepada guru dan siswa mengenai keajaiban angka dalam Alquran dengan menggunakan modul interaktif berbasis liveworksheets. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari pengabdian ini dapat dikatakan berhasil dilihat dari antusias guru dan siswa mendengarkan materi dan praktik mengisi soal-soal dan permasalahan yang ada di modul interaktif. Dengan menggunakan modul interaktif berbasis liveworksheet ini diharapkan menjadi referensi dalam penggunaan media bagi guru dan siswa lebih senang dalam belajar.

References

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MENTAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SD NEGERI NOGOPURO.

Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12111

Faridi, F. (2023). PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS IXA SMP NEGERI 2 KANDANGSERANG. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2121

Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2021). Student’s Worksheet Design Assisted with Liveworksheets to Improve Student’s Concept Understanding Skills on Quadrilaterals and Triangles. Multidiscipline International Conference, 1(1), Article 1.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387

Khikmiyah, F. (2021). IMPLEMENTASI WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), Article 1.

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

Russian Timiryazev State Agrarian University, Ryabchikova, V. G., Rubleva, O. S., Vyatka State University, Sergeeva, N. A., Russian Timiryazev State Agrarian University, Yakovleva, N. A., & Russian Timiryazev State Agrarian University. (2020). Using interactive worksheets when teaching foreign languages by the “Flipped class” technology. Perspectives of Science and Education, 45(3), 195–206. https://doi.org/10.32744/pse.2020.3.15

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Published
2023-12-01
How to Cite
KURNIATI, Annisah; RAHMI, Depriwana; YUNIATI, Suci. Pendampingan Siswa Mengenalkan Keajaiban Angka dalam Alqur’an melalui Pemanfaatan Modul Interaktif Berbasis Liveworksheet. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 105-111, dec. 2023. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/4371>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v5i2.4371.
Section
Articles