Psikoedukasi Positive Parenting untuk Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Orangtua dalam Menggunakan Teknologi Informasi
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk pola mendidik anak. Meskipun berpotensi mendukung pengasuhan, penggunaan teknologi seperti internet, smartphone, dan media sosial juga bisa merugikan. Tantangan bagi orang tua meliputi pengawasan anak di dunia digital dan menjaga keseimbangan. Penelitian menunjukkan kurangnya pemahaman orang tua dalam menggunakan teknologi secara efektif berdampak pada kualitas pengasuhan dan anak. Psikoedukasi parenting, pendekatan gabungan pendidikan dan dukungan psikologis, dapat membantu orang tua mengatasi tantangan ini. Tujuan pengabdian ini adalah memperkenalkan program psikoedukasi parenting untuk meningkatkan kualitas pengasuhan di era digital. Kegiatan meliputi koordinasi dengan sekolah, observasi, pembuatan booklet, pelaksanaan penyuluhan, serta evaluasi dan monitoring. Program ini dilaksanakan di TK IT Rabbani dan melibatkan orang tua siswa sebagai peserta. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang Positive Parenting setelah mengikuti kegiatan terlihat dari hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai Positive Parenting setelah mengikuti kegiatan pengabdian, dengan rata-rata pretest 34% dan posttest 85,5%. Program ini membantu orang tua menghadapi tantangan teknologi dalam pengasuhan anak, menciptakan keluarga harmonis dan mendukung perkembangan anak secara optimal.
References
Aisha, D., & Aska, W. U. (2023). PSIKOEDUKASI PENTINGNYA PENGASUHAN POSITIF UNTUK MENGHINDARI TERJADINYA KEKERASAN PADA ANAK DI DESA WALUYA KABUPATEN KARAWANG. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 3(1), 1765–1773.
Hidayah, N., Yuzarion, Y., Yuniarti, D., Fakhruddina, F., Selasih, S., & Casminto, C. (2022). Psikoedukasi Prophetic Parenting pada Orangtua Siswa TK ABA Nganggring Turi Sleman Yogyakarta. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 222–227.
Lidiawati, K. R. (2021). Psikoedukasi Parenting dan Kesehatan Mental Secara Online di Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 309–319.
Putro, A. S. (2020). Psikoedukasi: Upaya Pengembangan Layanan Anak di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.
Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola asuh orang tua sebagai upaya menumbuhkan sikap tanggung jawab pada anak dalam menggunakan teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148–159.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.