Pelatihan Vocabulary Building melalui Objects, Materials, Shapes and Colours bagi Guru TK di Mojolaban

  • Nunun Tri Widarwati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Arin Arianti Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ratih Wijayava Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Peningkatan Kemampuan Vocabulary Building melalui Objects, Material, Shapes and Colour bagi Guru TK Dukuh di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo sehingga anak-anak dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris sejak dini dari Guru mereka. Peserta dari pengabdian ini adalah Para Guru TK di Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Ceramah dan praktek. Hasil kegiatan adalah adanya peningkatan pemahaman vocabulary building bagi Para Ibu Guru TK di Mojolaban. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, Guru TK jadi lebih percaya diri dalam mengajar Vocabulary Building sehingga pembelajaran bahasa Inggris dapat disampaikan dengan metode yang tepat dan benar kepada siswa TK maka anak-anak senang dan menyukai bahasa Inggris sejak dini.

References

Astuti, S. R., Wijaya, B., & Bunau, E. (2015). Teaching Vocabulary To Young Learner Through Cops And Soldiers Game. Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4). https://doi.org/https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9678

Cameron, L. (2001). Teaching Language to Children (Cambridge University Press. (ed.)).

Fitria. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling Untuk Anak-Anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo. LAMAHU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2). https://doi.org/https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/lamahu/article/view/15435/0

Pratiwi, U, V., Nurnaningsih, A. A., & Astut, P. (2018). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 5(4), 470–477. https://doi.org/Ijmmu.com

Redman, S. (2013). English Vocabulary in Use: Pre-intermediate-Intermediate (Cambridge (ed.); Third edit).

Salawazo, I., Simbolon, M., Hutabarat, V., Veronika, A., & Saragih, E. (2020). Analysis of Students’ Vocabulary in Learning English. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 3(2), 469–475. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31539/leea.v3i2.1017. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/LEEA/article/view/1017

Supriani, N., & Dardjito, H. (2018). How To Develop Vocabulary Mastery In Support To Literacy Involving Learning Autonomy. The 15th JETA International Conference, 64–70. https://doi.org/Upy.ac.id

Wendy, S., & Lisbeth, T. (1990). Teaching English to Children.

Widarwati, N., Putra, A. P., Arin, A., Ratih, W., & Giyatmi. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Gambar dan Kewirausahaan. JAPI, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/japi.v6i1.2319 1

Widarwati, N. T. (2015). How to improve our Vocabulary (P. Pelajar (ed.)
Published
2023-06-30
How to Cite
TRI WIDARWATI, Nunun; ARIANTI, Arin; WIJAYAVA, Ratih. Pelatihan Vocabulary Building melalui Objects, Materials, Shapes and Colours bagi Guru TK di Mojolaban. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 8-16, june 2023. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/2902>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v5i1.2902.
Section
Articles