Wujudkan Tangguh Belajar melalui Inovasi Pembelajaran AKSY di Desa Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi
Abstract
COVID-19 masih menjadi trend permasalahan di dunia dan berdampak terutama pada sektor pendidikan. Kebijakan Pemerintah di bidang pendidikan adalah pembelajaran daring di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Namun terdapat kendala yang dialami siswa seperti kurangnya interaksi dengan guru sehingga motivasi belajar menurun, siswa merasa bosan, dan penggunaan teknologi selama pembelajaran di rumah rendah. KKN yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Jember di Desa Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi ini hadir sebagai solusi dalam mengurangi permasalahan proses belajar mahasiswa di rumah. Inovasi pembelajaran yang dilaksanakan adalah AKSY (Aktif, Kreatif, Sehat dan Bahagia) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa di rumah serta memaksimalkan proses pembelajaran yang menyenangkan dengan tetap mematuhi protokol COVID-19. Metode kegiatan kuliah kerja nyata adalah observasi partisipan, wawancara, dan studi literatur. Melalui pelaksanaan program tersebut terdapat manfaat yang dicapai siswa yaitu bertambahnya pengetahuan dan kesadaran sasaran dalam penerapan protokol COVID-19 selama belajar di rumah, siswa menjadi sangat senang sehingga motivasi dan semangat belajar di rumah meningkat. Siswa juga dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya.
References
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus. Jakarta: Kemendikbud RI
Maimunah. (2016). Wacana Keagamaan dan Perilaku Sosial Masyarakat Melayu Perantauan di Palembang. Duta Media Publishing.
Radita, G. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. CV Jakad Publishing.
Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of pandemic based online education on teaching and learning system. International Journal of Educational Development, 85(June), 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444
Supono, T., & Tambunan, W. (2021). Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 57–65. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.