Penggunaan Google Classroom sebagai Pengoptimalisasi Belajar Mengajar

  • Erna Lutfiana Putri Universitas Negeri Malang

Abstract

Kualitas pendidikan sangat bergantung pada gagasan atau sifat pembelajaran yang diselesaikan oleh guru di ruang belajar. Optimalisasi proses pembelajaran yang berkembang harus dapat dilakukan dengan merencanakan pemanfaatan kemajuan teknologi sebagai media pembelajaran. Karena itu sangat penting untuk mempersiapkan pendidik dalam menggunakan Google Classroom.  Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran memiliki hasil yang bermanfaat sebesar 80% dalam memperluas inspirasi siswa di sekolah dasar. Dalam situasi khusus ini, pengalaman mendidik dalam sebuah pembelajaran dapat menciptakan keinginan, daya tarik, inspirasi, dan menghidupkan latihan pengajaran dan pembelajaran. Prosedur yang digunakan dengan menggabungkan penyediaan data perencanaan yang signifikan mengenai pemanfaatan Google Classroom, memberikan gambaran tentang pengalaman bagaimana memanfaatkan Google Classroom secara produktif dalam pembelajaran. Apalagi, gerakan ini menambah perluasan data dan keterbatasan guru dalam melibatkan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan Google Classroom seharusnya membuat pengalaman berkreasi menjadi menarik, sehingga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, serta berkaitan dengan ide pelaksanaan pembelajaran pendidik.

References

Al-adwan, A., & Smedley, J. (2012). Implementing e-learning in the Jordanian Higher Education System: Factors affecting impact. International Journal of Education & Development Using Information & Communication Technology, 8(1), 121–135.

Graham, M. J., & Borgen, J. (2018). Google Classroom. Google Tools Meets Middle School, 3, 23–36. https://doi.org/10.4135/9781506360188.n3

Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional LP2M UNM, 122–125.
Published
2022-12-30
How to Cite
PUTRI, Erna Lutfiana. Penggunaan Google Classroom sebagai Pengoptimalisasi Belajar Mengajar. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 88-96, dec. 2022. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/2700>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i2.2700.
Section
Articles