Pembuatan Sign System sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata dan Perekonomian Kampung Wisata Lawang Seketeng

  • Achmad Albar Permana Suprianto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • M. Taufiq Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Riko Setya Wijaya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

Kampung wisata Lawang Seketeng adalah salah satu kawasan wisata peninggalan sejarah yang terletak di kelurahan Peneleh, pusat Kota Surabaya. Kawasan ini adalah kawasan yang banyak menyimpan sejarah. Hal ini terlihat dari adanya bangunan-bangunan tua peninggalan kolonial yang masih dipertahankan bentuk aslinya. Salah satu cara pengabdian untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kampung wisata seketeng yang berada di kelurahan Peneleh adalah melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM Desa Wisata dengan pembuatan sign system atau tanda jalan, pembuatan tanda jalan atau sign system berguna untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung untuk melihat bangunan peninggalan sejarah Kampung Wisata Lawang Seketeng, dalam tanda jalan atau sign system tersebut terdapat penunjuk arah untuk mengarahkan para wisatawan ke destinasi wisata yang ada di Kampung Lawang Seketeng, seperti Makam Mbah Pitono, Langgar Dukur Kayu,  Sumur Majapahit, Kuliner Lawang Seketeng, Tera Kota. Dengan pembangunan infrastruktur berupa sign system atau tanda jalan diharapkan kunjungan di kampung wisata Lawang Seketeng lebih meningkat begitupun dengan perekonomian warga di sekitar Lawang Seketeng.

References

Adzhar, R., & Swasty, W. (2019). Perancangan Sign System yang Terintegrasi Website sebagai Media Informasi. Jurnal Bahasa Rupa, 3(1), 31–41.

Anggriani, S. D., Sayono, J., Pramono, W. T., & ... (2020). Sign System Dan Kap Lampu Sebagai Elemen Tata Fasad Gaya Indische Di Kampoeng Heritage Kajoetangan Kota Malang. E-Prosiding Revitalisasi Modal Sosial Untuk Penguatan Kapasitas Masyarakat Di Era Pandemi Covid-19, Hapemas 2.

Savitri, S. (2013). Estetika Fasad Pada Bangunan Kolonial 1920-1940. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 1(1), 54–64.
Published
2022-12-30
How to Cite
SUPRIANTO, Achmad Albar Permana; TAUFIQ, M.; WIJAYA, Riko Setya. Pembuatan Sign System sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata dan Perekonomian Kampung Wisata Lawang Seketeng. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 77-81, dec. 2022. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/2544>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i2.2544.
Section
Articles