Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur

  • Fitria Ayuningtyas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Intan Putri Cahyani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rudhy Ho Purabaya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

TikTok merupakan salah satu media sosial yang sedang booming dan disukai oleh berbagai kalangan karena memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat video pendek dengan suara dan menyisipkan lagu yang dapat dipilih secara bebas. Menariknya, TikTok juga memiliki beragam fitur yang membuat pengguna tidak bosan dengan aktivitas media sosial. Misalnya saja fitur challenge dan berbagai jenis musik terbaru yang sedang hits. Namun di Indonesia, kesan pertama terhadap TikTok tidak terlalu bagus. Pasalnya, banyak konten yang dianggap konyol dan tidak menganut budaya ketimuran. Padahal jika digunakan secara bijak maka pemanfaat media sosial TikTok ini dapat dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak terutama murid di SDIT Attasyakur, Depok. Permasalahan mitra yang didapatkan di lapangan yaitu belum dimanfaatkan penggunaan media sosial secara efektif dan efisien dalam pembelajaran terutama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara perkesinambungan dalam rangka menemukan media pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga anak-anak merasa nyaman dan tidak terbebani dalam menjalani proses pembelajaran maupun saat mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

References

Ayuningtyas, F., Permadhy, Y. T., & Riyantini, R. (2022). Pendampingan “Cerdas dalam Penggunaan Gadget” Bagi Anak-Anak. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 90–99.

Damar, A. M. (2021). Upaya TikTok Edukasi Pengguna Bagikan Konten Positif. Retrieved December 13, 2021, from https://www.liputan6.com/tekno/read/3877620/upaya-tik-tok-edukasi-pengguna-bagikan-konten-positif

Dewi, I. (2021). Lima Media Sosial Paling Populer di Dunia, TikTok Libas Facebook. Retrieved December 21, 2021, from https://tekno.sindonews.com/read/139786/207/lima-media-sosial-paling-populer-di-dunia-tiktok-libas-facebook-1597990132

Kelana, I. (2021). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Edukasi.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

Resna, N. (2021). Pedoman Screen Time untuk Anak dan Cara Membatasinya di Rumah.

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Published
2022-06-30
How to Cite
AYUNINGTYAS, Fitria; CAHYANI, Intan Putri; PURABAYA, Rudhy Ho. Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 25-31, june 2022. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/2326>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326.
Section
Articles