Pelatihan Pengolahan Batang Talas dan Buah Jeruk di Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar

  • Fajar Setyawan Universitas Islam Kadiri
  • Navita Maharani Universitas Islam Kadiri
  • Siska Andriani Universitas Islam Kadiri
  • Ardyana Tri P Universitas Islam Kadiri
  • Siti Mariyana Universitas Islam Kadiri

Abstract

Desa Dermojayan kecamatan Srengat kabupaten Blitar memiliki potensi tanaman berupa talas dan buah jeruk yang melimpah. Potensi ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai jual hasil tanaman tersebut. Untuk itu maka perlu dilakukan kegiatan pelatihan pengolahan batang talas dan buah jeruk menjadi produk-produk yang memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat untuk masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa Dermojayan. Beberapa produk olahan yang dihasilkan dari kegiatan ini meliputi kripik lompong dan permen jeruk. Diversifikasi produk buah talas masih terbatas pada rumah tangga, dimana dulu batang talas hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kegiatan bertujuan berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat desa Dermojayan untuk proses pengolahan kripik lompong. Bukan hanya talas, di sana juga terdapat perkebunan buah jeruk seluas 800 ru atau 11.200 m2 dengan jumlah 800 pohon buah jeruk. Buah jeruk sortiran yang biasanya hanya dimanfaatkan sebagai es jeruk, diolah dan dibuat inovasi produk baru dengan membuat olahan permen jeruk. Diharapkan masyarakat mampu membuka usaha UMKM sehingga dapat mengangkat perekonomian di desa Dermojayan itu sendiri.

References

Hamalik, O. (2001). Pengembangan sumber daya manusia: Manajemen pelatihan ketenagakerjaan pendekatan terpadu. Bumi Aksara.

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. In PT. Indeks (Sebelas).

Pakpahan, A. (1989). Refleksi diversifikasi dalam teori ekonomi. In Refleksi diversifikasi dalam teori ekonomi. Makalah disampaikan pada Kongres dan Konpernas IX Perhepi.

Purwono, L., & Purnawati. (2007). Budidaya Tanaman Pangan. Penerbit Agromedia.

Rauf, A. W., & Lestari, M. S. (2009). Pemanfaatan komoditas pangan lokal sebagai sumber pangan alternatif di Papua. Jurnal Litbang Pertanian.

Saliem, H. P., Hardono, G. S., Mayrowani, H., Purwantini, T. B., Marisa, Y., & Hidayat, D. (2006). Diversifikasi Usaha Rumah Tangga dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 24(1), 1–13.

Sriyono. (2012). Pembuatan Keripik Umbi Talas (Colocasia giganteum) dengan Variabel Lama waktu Penggorengan Menggunakan Alat Vacuum Fryer. Universitas Diponegoro.

Sunarjono. (2003). Fisiologi Tanaman Budidaya. UI Press.
Published
2021-06-18
How to Cite
SETYAWAN, Fajar et al. Pelatihan Pengolahan Batang Talas dan Buah Jeruk di Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 49-54, june 2021. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1673>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1673.
Section
Articles