Sosialisasi Penerapan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dalam Forum Ustaz dan Ustazah Kecamatan Banjarmasin Timur

  • Jamiatul Hamidah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Akhmad Syakir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para ustaz/ustazah tentang kaidah Bahasa Indonesia dan tata bahasa baku dan untuk meningkatkan kompetensi kebahasaan para ustaz/ustazah. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan atau wawasan para ustaz/ustazah terhadap kaidah bahasa Indonesia, meningkatkan pemahaman terhadap unsur serapan, serta menghindari kesalahan penulisan kosa kata bahasa Indonesia. Metode kegiatan sosialisasi ini adalah dengan ceramah, menyampaikan kaidah dan pedoman umum Bahasa Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari, dengan sasaran para pengajar TPA yang tergabung dalam Forum Ustaz dan Ustazah Kecamatan Banjarmasin Timur. Kegiatan dilaksanakan di TPA Unit 201 Darul Mu’minin, yang beralamat di Jalan Pramuka Komplek Kenanga (Cinta Puri) RT.07 Banjarmasin Timur, Kalimantan Selatan. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 211 orang dari 39 Unit TPA yang tersebar di Kecamatan Banjarmasin Timur. Hasil kegiatan sosialisasi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia kepada Forum Ustaz-ustazah Se-Banjarmasin Timur adalah meningkatnya kompetensi dan pengetahuan ustaz-ustazah terhadap pedoman dan kaidah Bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan. (2007). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amirotunnikmah, D. (2016). Kompetensi Kepribadian Ustadz Ustadzah Di Pondok Pesantren Al Hidyah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi V. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Muzaki, A., Chadis, C., & Agustin, Y. (2019). Pengenalan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesa (PUEBI) dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar bagi para Guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 82–86.

Santosa, D. H. (2018). Pendampingan pengembangan potensi bidang bahasa, seni sastra, dan seni pertunjukan Jawa di Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul menuju desa berbudaya Jawa. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–29.
Published
2021-06-01
How to Cite
HAMIDAH, Jamiatul; SYAKIR, Akhmad. Sosialisasi Penerapan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dalam Forum Ustaz dan Ustazah Kecamatan Banjarmasin Timur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, june 2021. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1593>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1593.
Section
Articles