Peningkatan Pemahaman Metode Pengajaran Task Based Language Teaching Bagi Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Insana

  • Yohanes Paulus Florianus Erfiani Mahasiswa Program Studi Doktoral Linguistik Universitas Udayana
  • Hesni Neno Universitas Timor

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kemampuan para guru Bahasa Inggris untuk menerapkan metode pengajaran Task Based Language Teaching (TBLT) dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, metode pelaksanaan kegiatan ini adalah metode sosialisasi, diskusi dan metode bimbingan. Metode sosialisasi dilaksanakan sebagai prosedur awal pengenalan dan pendekatan dengan para guru Bahasa Inggris. Metode pelatihan dilakukan dalam bentuk pelatihan bertujuan untuk melatih para guru Bahasa Inggris untuk menerapkan metode TBLT dalam pengajaran. Metode diskusi dilaksanakan guna mendapatkan respon atau stimulus dari para guru mengenai pemahaman tentang metode pengajaran TBLT. Metode bimbingan dilaksanakan untuk mengarahkan dan melatih para guru agar menerapkan metode TBLT dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Insana. Melalui pelaksanaan kegiatan ini para guru memiliki pemahaman dan konsep mengenai metode pengajaran TBLT dengan baik. Para guru juga mampu mengadopsi metode ini dan menerapkan dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Disamping itu, para guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis tugas dengan prosedur yang tepat dan terstruktur.

References

Eichelberger, R. T. (1989). Disciplined inquiry: Understanding and doing educational research. Addison-Wesley Longman Limited.

Erfiani, Y. P. F. (2017). Penelitian tindakan kelas untuk pengajaran Bahasa Inggris : pedoman praktis (Cetakan pe). Titisan Batin Anak Indonesia.

Hornby, A. S., & Cowie, A. P. (1989). Oxford advanced learner’s dictionary (Vol. 1430). Oxford university press Oxford.

Jalil, J. (2014). Panduan mudah penelitian tindakan kelas (ptk). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nunan, D. (2004). Task-based language teaching. Ernst Klett Sprachen.

Patel, M. F., & Jain, P. M. (2008). English language teaching. Sunrise Publishers and Distributors.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (1986). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.
Published
2021-06-01
How to Cite
ERFIANI, Yohanes Paulus Florianus; NENO, Hesni. Peningkatan Pemahaman Metode Pengajaran Task Based Language Teaching Bagi Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Insana. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 36-42, june 2021. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1584>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1584.
Section
Articles