Pelatihan Penelusuran Referensi dan Pencegahan Plagiasi Pada Kegiatan Diklat Dasar Karya Tulis Ilmiah

  • Ratri Candra Hastari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Abstract

Tujuan dilaksanakan kegiatan abdimas adalah memberikan informasi kepada masyarakat umum khususnya mahasiswa/peserta diklat dasar karya tulis ilmiah tentang bagaimana cara penelusuran referensi secara digital dan informasi tentang plagiat/plagiasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan dilaksanakan secara offline atau tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan pelatihan penelusuran suatu referensi karya tulis ilmiah berbasis digital dan plagiarisme sangat dibutuhkan/diperlukan bagi mahasiswa. Dengan adanya pelatihan penelusuran suatu referensi digital dan plagiarisme bisa menjadi bekal mahasiswa untuk menyusun suatu karya tulis ilmiah.

References

Djunaidi. (2017). Sumber Rujukan Sebagai Referensi yang Mendukung Karya Tulis Ilmiah Bagi Pustakawan. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat, 33(2), 1–11. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkdmm/article/view/JKDMMV33No2%3B001-011

Faizuddin, H. (2017). Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya Faizuddin. Libria, 9(1), 103–114.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Munif, A. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah. Penulisan Karya Tulis Ilmiah, (October), 1. https://www.researchgate.net/publication/320508023

Purnawan, A. (2018). Penanaman Perilaku Anti-Plagiasi Dalam Perkuliahan Writing for Academic Assignments. Diksi, 25(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v25i1.16009

Rintaningrum, R. (2015). Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Rosalia, R., & Fuad, A. J. (2019). Peran Dosen Dalam Meminimalisasi Perilaku Plagiasi Mahasiswa. 2, 61–77.

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058

Syaharuddin, Ratu, H., Negara, P., Ibrahim, M., Mandailina, V., & Pramita, D. (2020). Penelusuran Referensi Berbasis Digital Sebagai Peningkatan. 3, 151–155.

Wasmana. (2015). Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung, 07.

Wekke, I. S. (n.d.). Penelusuran Literatur Dalam Penulisan Artikel Ismail. 68–70.

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84

Yuliati, A. (2019). Sosialisasi Penulisan Referensi Dalam Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i2.546
Published
2021-05-24
How to Cite
HASTARI, Ratri Candra. Pelatihan Penelusuran Referensi dan Pencegahan Plagiasi Pada Kegiatan Diklat Dasar Karya Tulis Ilmiah. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 18-24, may 2021. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1582>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1582.
Section
Articles