Pemberdayaan Peserta Didik Melalui Program Kewirausahaan, Pendidikan Lingkungan, dan Budaya Literasi

  • Barotun Mabaroh Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Sugianti Sugianti Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Achmad Nadif Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Miftahul Khoiri Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Evi Sulistyowati MA Al Furqon Pasuruan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) bertujuan membangun jiwa kewirausahaan, mengolah sampah menjadi barang berguna, dan menciptakan budaya literasi bagi siswa-siswi di lingkungan sekolah MA Al Furqon Bugul Lor Kota Pasuruan. Kegiatan berupa penyampaian sosialisasi dan pelatihan pembuatan coklat praline. Selain itu, tim pengabdian KKNT juga memberikan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari kain perca menjadi gantungan kunci, bross, dan kotak pensil. Kegiatan pendidikan lingkungan berupa sosialisasi kepada siswa-siswi mengenai pembuatan tempat sampah organik dan nonorganik serta penanaman tanaman hias pada botol bekas. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa-siswi menyadari betapa pentingnya kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan terakhir adalah meningkatkan budaya literasi bagi siswa-siswi melalui pembuatan papan motivasi, labelling, dan penataan ulang perpustakaan sekolah menjadi ruang baca yang lebih representatif. Hasil dari kegiatan KKNT mendapatkan respon dan apresiasi yang memuaskan dari pihak sekolah. Tim pengabdian KKNT berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mendorong kreatifitas siswa-siswi.

References

Alex, S. (2012). Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan Bandung: Alfabeta. CV.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 13(1), 8–16.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). Kewirausahaan. Terjemahan. Criswan Sungkono Dan Diana Angelica. Edisi, 7.

Kemendikbud, T. P. P. G. L. S. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Ditjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud.

Muhammad, Y. (2013). Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suharyono, S. (2018). Sikap dan Perilaku Wirausahawan. Ilmu Dan Budaya, 40(56).
Published
2021-06-01
How to Cite
MABAROH, Barotun et al. Pemberdayaan Peserta Didik Melalui Program Kewirausahaan, Pendidikan Lingkungan, dan Budaya Literasi. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-8, june 2021. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1420>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1420.
Section
Articles