Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah dengan Menanam Sayur Mayur untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Kelenna Bontongape Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar

  • Herman Sjahruddin Sekolah Tinggi Ekonomi Makassar Bongaya
  • Muh Subar Sekolah Tinggi Ekonomi Makassar Bongaya
  • Istiqfar Aiman Sekolah Tinggi Ekonomi Makassar Bongaya
  • Aswar Aswar Universitas Indonesia Timur

Abstract

Persoalan pemanfaatan lahan menjadi problem utama masyarakat desa Kalenna Bontomangape. Luas lahan pertanian berbanding terbalik dengan produktivitas warga dalam hal permanfaatan lahan, hal ini diakibatkan kurangnya pengetahuan dan informasi terhadap cara mengelola dan memanfaatkan lahan tak terpakai, yaitu lahan pekarangan rumah dapat dijadikan sebagai tempat dalam menanam sayuran seperti lobak dan tanaman lainnya. Kegiatan ini menjadi sumber pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta sebagai pendapatan sampingan masyarakat. Dalam pelaksanaan menggunakan empat metode yaitu edukasi, pelatihan, pengelolaan, dan pendampingan. Kegiatan ini selama 60 hari. Dimulai dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola dan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran melalui proses sosialisasi yang melibatkan masyarakat. Kemudian masyarakat diajarkan cara pengolahan lahan agar dapat digunakan untuk menanam sayuran serta memperkenalkan jenis-jenis sayuran yang mudah ditanam dan memiliki nilai ekonomis, serta memiliki jangka waktu panen yang relatif singkat. Mendampingi masyarakat dalam hal pengelolaan dan perawatan sayuran yang ditanam di pekarangan rumah, serta pendampingan dalam mengelola hasil panen hingga pada tahap memasarkan produk hasil panen lobak.

References

Dwiratna, N. P. S., Widyasanti, A., & Dan Rahmah, D. M. 2016. Pemanfaatan lahan pekarangan dengan menerapkan konsep kawasan rumah pangan lestari. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1).

https://takalarkab.bps.go.id/publication/download.html diaksese pada tanggal 7 Juni 2020 pada pukul 18;50.

Makeham dan Malkcom (2003),: Ekologi Desa : Lingkungan Hidup dan Kualitas Hidup. Prisma, No, 8, September 2003.

Mestre-Sanchís, F., M.L. Feijóo-Bello. 2009. Analysis Climate change and its marginalizing effect on agriculture. Ecological Economics 68:896-904.

Moch. Agus Krisno Budiyono, 2004. Dasar-dasar ilmu Gizi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Riah. 2005. Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rauf, A., Rahmawaty, & Budiati, D. 2013. Sistem pertanian terpadu di lahan pekarangan mendukung ketahanan pangan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Jurnal Online Per-tanian Tropik Pasca Sarjana FP USU, 1(1).

Supriati, Y.Yuyu Yulia dan Ida Nurlaela. 2008. Tanaman Sayur. Penerbit Penebar Swadaya Jakarta. Hal. 15.
Published
2020-12-01
How to Cite
SJAHRUDDIN, Herman et al. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah dengan Menanam Sayur Mayur untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Kelenna Bontongape Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 137-145, dec. 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1261>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.1261.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times