Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pengolahan Labu Kuning Menjadi Dodol Dan Roti Kasur Di Kecamatan Anggaberi

  • Leni Saleh Universitas Lakidende
  • Milawati Saranani Universitas Lakidende
  • Sarty Sarbiyah Universitas Lakidende
  • Hasni Ati Universitas Lakidende

Abstract

Peserta  dalam kegiatan ini adalah masyarakat yang tergolong dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini Mandiri yang berada di Kelurahan Parauna Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe. Berdasarkan tujuan dari kegiatan pelatihan pengolahan komoditas labu kuning yaitu memperkenalkan dan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan kepada masyarakat tentang teknologi pengolahan labu kuning menjadi dodol labu kuning  dan roti kasur sehingga masyarakat dapat mengembangkan industri rumah tangga dan meningkatkan nilai ekonomis dari labu kuning dengan memberikan penyuluhan  tentang manfaat dari labu kuning disertai dengan pelatihan dan praktek membuat dodol dan roti kasur dari labu kuning. Pengolahan dodol dan roti kasur dengan aneka variasi isian merupakan inovasi baru di Kelurahan Parauna. Keberhasilan pelaksanaan seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tentunya mempunyai manfaat yang cukup baik bagi masyarakat pada umumnya dan pelaku industri rumah tangga khususnya.

Author Biographies

Milawati Saranani, Universitas Lakidende

dosen 

Sarty Sarbiyah, Universitas Lakidende

dosen

Hasni Ati, Universitas Lakidende

dosen 

References

Amzar, M., Hendayana, S., Wahyu, W., Supriatna, A., Lestiyani, S., Collaborative Lesson Design of Acid-Base Titration Curve in Indonesia Senior High School, International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 3, 2018

Astawan, Made. 2005. Info Teknologi Pangan department of Food Science and Technology. Faculty of Agricultural Tecnology and Enginering, Bogor Agricultural University.

Direktorat Gizi Depkes RI. 2004. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara, Jakarta.
Haryadi. 2006. Teknologi Pengolahan Beras. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta.

Heliyani, H.D. 2012. Penegembangan Produk Pangan Berbahan Baku Labu Kuning. Jurnal Peningkatan Daya Saing Pangan Tradisional. Vol 2 No. 1 Diaskes pada bulan maret 2013.

Mahmud dkk. 2008. Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI). Jakarta: Alex Media Komputindo.

Radyaswati. 2005. Penggunaan Labu Kuning dalam Pembuatan Saos Sambal. Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian. UGM, Yogyakarta.

Rahmawati L, Susilo B, Yulianingsih R. 2014. Pengaruh variasi Blanching Dan Lama Perendaman Asam Asetat (CH3COOH) Terhadap Karakteristik Tepung Labu Kuning Termodifikasi. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis 2(2): 107-115.

Satuhu, S., dan Sunarmani. 2004. Membuat Aneka Dodol Buah. Penebar Swadaya, Jakarta.
Published
2020-12-01
How to Cite
SALEH, Leni et al. Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pengolahan Labu Kuning Menjadi Dodol Dan Roti Kasur Di Kecamatan Anggaberi. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 110-117, dec. 2020. ISSN 2685-130X. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/1180>. Date accessed: 17 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.1180.
Section
Articles