STRATEGI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN OMSET BAGI UMKM BATIK WECONO ASRI
Abstract
Strategi pemasaran digital telah menjadi kebutuhan penting bagi UMKM, termasuk UMKM Batik Wecono Asri untuk meningkatkan omset dan memperluas jaringan pasar. Penelitian ini membahas berbagai pendekatan pemasaran digital yang dapat diterapkan, seperti pemasaran melalui media sosial, website, e-commerce, video marketing, dan kolaborasi dengan merek lain atau komunitas lain. Strategi ini tidak hanya efektif dalam mempromosikan produk batik, tetapi juga membantu ,meningkatkan kesadaran merek dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Dengan menfaatkan teknologi digital, UMKM Batik Wecono Asri dapat mengoptimalkan potensi pemasaran modern untuk bersaing secara efektif di pasar lokal dan global. Studi ini menekankan pentingnya inovasi dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan pemasaran digital dalam mendukung pertumbuhan bisnis.
Kata Kunci: Pemasaran digital, UMKM batik, Media sosial, E-commerce, Kolaborasi.