PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK ENDANG
Abstract
Media sosial saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Di Indonesia, lebih dari separuh populasi menggunakan media sosial dalam aktivitas sehari-hari. Pemasaran melalui media sosial menjadi pilihan utama para pengusaha karena kemudahan penggunaannya serta kemampuannya menjangkau konsumen secara langsung. Oleh karena itu, para pengusaha dituntut untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif guna menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memberikan data melalui wawancara, diskusi dan pendampingan. Berdasarkan hasil wawancara, diskusi dan pedampingan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan serta keuntungan bagi pelaku UMKM.