PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK ENDANG

  • Risca Ayu Sambih Polinema Kampus Kediri
  • Citra Meidyasari D3 Akuntansi, Politeknik Negeri Malang Kampus Kediri
  • Nurlail Hijrah Hijriyahni D3 Akuntansi, Politeknik Negeri Malang Kampus Kediri
  • Qolifatul Siami D3 Akuntansi, Politeknik Negeri Malang Kampus Kediri
  • Yuriska Ayu Suatmadji D3 Akuntansi, Politeknik Negeri Malang Kampus Kediri

Abstract

Media sosial saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Di Indonesia, lebih dari separuh populasi menggunakan media sosial dalam aktivitas sehari-hari. Pemasaran melalui media sosial menjadi pilihan utama para pengusaha karena kemudahan penggunaannya serta kemampuannya menjangkau konsumen secara langsung. Oleh karena itu, para pengusaha dituntut untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif guna menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memberikan data melalui wawancara, diskusi dan pendampingan. Berdasarkan hasil wawancara, diskusi dan pedampingan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan serta keuntungan bagi pelaku UMKM.

Published
2024-12-22
How to Cite
SAMBIH, Risca Ayu et al. PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK ENDANG. AKSIME : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Akuntansi, Manajemen & Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 52-62, dec. 2024. ISSN 3062-9985. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/AKSIME/article/view/6461>. Date accessed: 07 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/aksime.v1i4.6461.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.