EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA PANTI ASUHAN KATOLIK SONAF MANEKA KUPANG MELALUI BUDAYA MENABUNG

  • Icha Wine Fendya Universitas PGRI Madiun
  • Moh. Ubaidillah Program Studi Akuntansi – Universitas PGRI Madiun

Abstract

Anak-anak di panti asuhan seringkali tidak memiliki akses yang cukup terhadap pendidikan keuangan dan bimbingan finansial yang memadai. Ketika memasuki usia dewasa dan meninggalkan panti, banyak di antara yang harus segera mandiri dalam hal finansial. Tanpa pemahaman dasar mengenai pengelolaan uang, rentan terhadap kesulitan ekonomi dan berisiko mengalami kesulitan dalam menghadapi kebutuhan hidup. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberi pemahaman kedapa anak-anak panti asuhan terkait literasi keuangan dan membiasakan menabung. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini di Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka Kupang, merupakan salah satu Panti Asuhan anak di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, beralamat di jalan Timor Raya KM. 11/Lasiana, peserta dalam kegiatan ini adalah anak-anak panti asuhan sebanyak 47 anak. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini bahwa anak-anak Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka Kupang belum mengetahui bagaimana mengelola keuangan yang baik dan belum memiliki kesadaran mengenai pentingnya menabung.

Published
2024-12-22
How to Cite
FENDYA, Icha Wine; UBAIDILLAH, Moh.. EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA PANTI ASUHAN KATOLIK SONAF MANEKA KUPANG MELALUI BUDAYA MENABUNG. AKSIME : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Akuntansi, Manajemen & Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 1-7, dec. 2024. ISSN 3062-9985. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/AKSIME/article/view/6241>. Date accessed: 07 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/aksime.v1i4.6241.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.