MENINGKATKAN SKILL MEDIA DIGITAL ANAK MUDA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA EKOLOGI RIVERSIDE CAMP
Abstract
Pengembangan wisata sering kali mengalami stagnasi dalam meningkatkan popularitas dan jumlah kunjungan. Hal tersebut menjadi satu permasalahan yang dihadapai oleh pengelola wisata Ekologis Riverside Camp. Permasalahan ini bermula dari minimnya pengetahuan pengelola dalam menggunakan media sosial, sehingga digital branding tidak dapat dilakukan secara luas. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam media sosial sebagai alat branding pariwisata merupakan tujuan dari program pengabdian masyarakat ini. Pengabdian partisipatif merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan pogram pengabdian ini, Pendampingan berupa praktik langsung, penilaian konten, dan evaluasi. Para pengelola wisata di Riverside Camp menjadi lebih berpengetahuan dan terampil dalam media sosial sebagai hasil pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan tersebut berupa kemampuan menyadari pentingnya media sosial sebagai alat promosi, membangun profil yang menarik secara visual, memperkuat kemampuan strategis, menghasilkan konten digital yang informatif sesuai dengan tren kebutuhan masyarakat, menjangkau audiens yang lebih luas di setiap unggahan, menjadi lebih interaktif, dan memiliki kapasitas untuk menganalisis dan menilai konten. Peningkatan ini memengaruhi daya tarik brand secara luass serta peningkatan jumlah pengunjung sejalan dengan tema (wisata keluarga, edukasi, dan ekologis). Pengabdian ini hanya berfokus pada mengasah teknik optimasi media sosial; tidak secara khusus membahas cara menggunakan fasilitas periklanan untuk promosi digital.