PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PEMOHON REKOMENDASI DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK (BAKESBANGPOL) KABUPATEN KEDIRI

  • Sovik Pusparini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas  pelayanan dan Kinerja pegawai   terhadap  kepuasan  pemohon rekomendasi di Bakesbangpol Kabupaten Kediri. Responden dalam penelitian ini adalah pemohon rekomendasi yang berasal dari dalam maupun luar Kabupaten Kediri. Responden berjumlah 40 orang dengan  menggunakan  teknik  Accidental Sampling.  Penelitian  ini  menggunakan  analisis  Regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows versi 18.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas  pelayanan dan kinerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon rekomendasi di Bakesbangpol Kabupaten Kediri. Disarankan  kepada  peneliti  selanjutnya  untuk  memperluas  ruang  lingkup penelitian  tidak  hanya  pada  satu instansi saja tetapi  beberapa instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik sebagai bahan pembanding. Diharapkan agar Bakesbangpol Kabupaten Kediri memfasilitasi keluhan dan saran bagi pemohon rekomendasi atas kualitas pelayanan dan kinerja pegawai sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kepuasan pemohon rekomendasi. Dengan adanya kepuasan yang dirasakan dalam pelayanan  maka akan memperbaiki citra pemerintah yang selama ini masih  kurang baik dalam pelayanan publik

Published
2019-02-21
How to Cite
PUSPARINI, Sovik. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PEMOHON REKOMENDASI DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK (BAKESBANGPOL) KABUPATEN KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 97-107, feb. 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/385>. Date accessed: 22 jan. 2025.