PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TEORI KENETIK GAS MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN 2016/2017

  • Mursalim Mursalim Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Fisika dengan diterapkannya metode ceramah dan kerja kelompok? (b) Bagaimanakah pengaruh metode ceramah dan kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 65,12%), siklus II (76,74%), siklus III (88,37%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode ceramah dan kerja kelompok dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fisika.

Published
2019-08-20
How to Cite
MURSALIM, Mursalim. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TEORI KENETIK GAS MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN 2016/2017. LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 47-55, aug. 2019. ISSN 2086-6860. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/970>. Date accessed: 25 dec. 2024.