PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAKU EKONOMI DALAM KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X IPS-4 SMA NEGERI 6 KEDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

  • Erna Hidayatul Fatmawati Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan belajar aktif, observasi aktivitas siswa dan guru, dan Uji Kopetensi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif sedangkan menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Data lembar observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan pengelolaan pembelajaran kooperatif model GI yang digunakan untuk mengetahui pengaruhnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan data pengamatan aktivitas siswa dan guru. Pembelajaran kooperatif model GI memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,5 %), siklus II (77,5 %), siklus III (88,89 %). Penerapan pembelajaran kooperatif model GI mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar matematika, hal ini ditunjukan dengan antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran kooperatif model GI sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.  Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya penelitian yang lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di SMA Negeri 6 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2020-03-07
How to Cite
FATMAWATI, Erna Hidayatul. PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAKU EKONOMI DALAM KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X IPS-4 SMA NEGERI 6 KEDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 37-46, mar. 2020. ISSN 2086-6860. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/969>. Date accessed: 01 mar. 2021.
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times