MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN PERANG DUNIA II SEMESTER 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Metode kerja kelompok tidak akan memasung kelebihan siswa yang mempunyai kecerdasan super untuk berkembang, dan tidak pula memanjakan mereka yang pemalas. Ini semua dapat dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkenalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Penilitian ini bertujuan (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Discovery Learning terhadap hasil belajar Sejarah Pokok Bahasan Perang Dunia II, (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Sejarah Pokok Bahasan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Obyek penelitian ini adalah siswa Kelas XI.IPS.2. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal sampai siklus II yaitu, tes awal (42,85%), siklus I (75,%), siklus II (96,42 %). Hasil akhir dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Discovery Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa XI.IPS.2, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pengajaran Sejarah pada Pokok Bahasan Perang Dunia II.