Implementasi E-Commerce Berbasis Web Untuk Mendukung Era Digitalisasi
Abstract
Implementasi e-commerce berbasis web merupakan langkah penting bagi pengusaha untuk memperluas jangkauan pasar global. Dengan memanfaatkan teknologi, sistem ini mengatasi batasan geografis dan waktu yang ada dalam transaksi bisnis tradisional. E-commerce memungkinkan transaksi 24 jam, sehingga konsumen dapat membeli produk tanpa harus datang langsung ke toko. Proses implementasi mencakup beberapa langkah, seperti realisasi diagram kelas, antarmuka pengguna, dan spesifikasi ruang lingkup sistem yang menjamin transparansi perangkat keras dan perangkat lunak. Selain itu, tata letak sistem tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pengalaman pengguna yang mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan platform. Saran untuk usaha mencakup peningkatan perlindungan data dan inovasi dalam pengembangan fitur serta desain antarmuka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan . Dengan dukungan infrastruktur dan teknologi dari pemerintah, usaha kecil dan menengah dapat lebih cepat beradaptasi dengan era digitalisasi ini.